Minggu , Mei 16 2021

Zaman Sekarang, Diary Bisa Jadi Uang

Zaman sekarang, diary atau catatan pribadi bukanlah hal yang pribadi lagi. Kenapa? Simak tulisan saya kali ini.

Kenapa bisa di bilang begitu? Alasannya dimana Mirza? Terus ada hubungannya dengan judul blog ini tidak?  Buat jawab semua itu, coba pikirkan satu hal, yaitu Facebook. Bukankah Facebook selalu menanyakan apa yang di pikirkan sehingga kita selalu menulis apa yang kita pikirkan dan kita posting dan di baca oleh teman -teman yang kita kenal, yang belum dikenal, di baca pacar atau mantan, atau bahkan atasan kita ataupun guru kita. Nah biasanya yang kita tulis itu berupa perasaan kita, atau uneg-uneg yang biasanya di coret dalam sebuah diary yang hanya kita sendiri bisa baca, sedangkan Facebook banyak orang bisa melihat kecuali Anda mengatur privasi status ke “hanya saya”. Sebenarnya itu belum ektrem di banding sebuah blog, kenapa? Sebuah blog dapat di baca siapa saja, tanpa daftar, jadi teman, dan bahkan di indeks oleh mesin pencari seperti Google. Yang di indeks dapat berupa teks dan gambar. Kecuali Anda membuat blog itu hanya bisa di baca sendiri, tapi mana mungkin blog di buat lalu di baca sendiri jaman sekarang?

Dengan sebuah blog layanan gratis seperti blogger, Anda sudah bisa mencoret-coret untuk ajang tempat anda curhat, berbagi atau bahkan berteman. Semakin lama semakin tertarik bagi anda untuk menulis artikel yang bagus, baik itu hanya sebuah berbagi ilmu atau tutorial yang bermanfaat bagi orang lain, dan lebih tertarik lagi jika postingan anda banyak komentar dan trafik blog tinggi.

Lalu bagaimana diary itu bisa hasilin uang? Banyak cara. Salah satu iklan PPC yang di sediakan untuk para blogger  untuk menayang iklan teks, gambar bahkan video di sebuah blog. Biasanya di sediakan untuk website besar, namun dunia online marketing melesat dan blog pun dijadikan tempat periklanan. Nah dari sini lah blog anda bisa menghasilkan uang, bahkan bisa sama layaknya sebuah website general. Belum lagi layanan URL Shortener, sponsor mendadak, atau bahkan teman/rekan bisnis kita yang meminta kita mempromosikan usahanya dan lain sebagainya.

Ini semua bisa didapat hanya dengan menjadikan blog sebagai sebuah diary, namun perhatikan di sini, jangan posting hal – hal terlalu pribadi karena “diary” yang saya maksud adalah diary online untuk sharing apa yang ada dalam kita yang berupa ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dapat menjadi pelajaran bagi semua orang. Sama dengan hal yang saya lakukan apada blog ini :).

 

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni Universitas Al Muslim Peusangan, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Lihat Juga

Promo Black Friday 2018 : Domain dan Hosting Murah

Promo Black Friday 2018 dan Cyber Monday 2018 di depan mata. Bagi anda yang merasa …

3 comments

  1. wah ya ya canggih ni min

    sangat bermanfaat

  2. Memang, kalau kita tekun mengupdate blog dan mempunyai traffic yang cukup untuk beriklan. Duit bisa ngalir sendiri. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *