Senin , Agustus 10 2020
Indihome Lite

Indihome Lite, Paket Internet Murah Terbaru Dari Telkom

Tahun ini, Telkom merilis Indihome Lite, paket internet dengan harga yang terjangkau bahkan untuk anak kosan. Harga paket internet broadband ini ditawarkan dengan harga 199 ribu rupiah per bulannya.

“IndiHome tidak hanya dinikmati oleh area tertentu atau pelanggan tertentu, tapi kita sangat concern terhadap generasi milenial. Di 2020, IndiHome mengeluarkan produk baru yang kita pastikan lebih bisa diterima generasi milenial lewat IndiHome Lite,” kata Siti Choiriana, Direktur Consumer Service Telkom Indonesia di Jakarta, Senin (24/2/2020) seperti yang saya kutip dari Detik.

Mengenai Fair Usage Policy atau FUP Indihome Lite ini, diberikan kuota sebesar 150 GB. Untuk kecepatan, dialokasikan sebesar 10 mbps maksimal. Biasanya kecepatan tersebut untuk download, sedangkan untuk upload akan lebih kecil. Pda paket reguler, 10 mbps download mendapatkan 2 mbps upload.

Paket ini di bundling dengan IPTV dan telepon kabel alias triple play. Jadi Indihome Lite double atau single play bisa jadi tidak tersedia.

Syarat berlangganan Indihome Lite adalah punya pasangan minimal dua orang untuk berlangganan. Artinya, anda harus mengajak teman untuk memasang juga bila tetangga anda belum ada yang memasang. Anda bisa mengajukan pemasangan indihome lite mulai awal maret.

Apa Saja yang dapat dilakukan dengan 10 Mbps ?

Dengan kecepatan 10 mbps, misal anda pakai berempat dengan sharing lewat wifi maka anda bisa melakukan hal-hal berikut :

  1. Berselancar atau membaca berita harian di internet, mengirim dan menerima email, serta melihat berita foto.
  2. Mengunduh film dengan kualitas HD.
  3. Streaming Youtube, Netflix, dan aplikasi Video-on-Demand lainnya dengan kualitas HD.
  4. Streaming video Full HD bila di pakai sendiri.
  5. Bermain game online dengan server lokal atau regional.
  6. Mengunggah foto ke Google Drive, Dropbox, dan Cloud lainnya.
  7. Bekerja dengan aplikasi online yang ringan

Perlu diingat, bila anda suka mengunduh film, maka pastikan untuk tidak berlebihan. Kuota pemakaian wajar yang diberikan hanya 150 GB. Bila di pakai 4 orang, maka pertengahan bulan sudah habis jika tidak dihemat.

Apakah Cukup 150GB dan 10 Mbps Tersebut ?

Subjektif. Tergantung pemakaian anda. Bila bekerja dengan data dan aplikasi web (misalnya) yang tidak membutuhkan banyak bandwidth maka cukup. Tapi bila hobi streaming dan download, maka tidak.

Bagaimana Apabila Tidak Cukup ?

Anda bisa mengupgrade ke paket reguler yang lebih besar misalnya paket Prestige, Paket Gamer, dan sebagainya. Atau bila tidak mau upgrade, gunakan router untuk membatasi bandwidth. Misalnya router Mikrotik Haplite yang murah.

Cocok untuk RT/RW-net atau Warung Kopi/Cafe ?

Sangat tidak cocok. FUP hanya 150 GB. Bisa habis dalam waktu 3 hari. Ini paket anak kos, jangan di resell.

Apakah Ini Iklan ?

Bukan. Ini artikel overview :D.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni Universitas Al Muslim Peusangan, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Lihat Juga

WiFi Rumah Unlimited – Indihome Review

Wifi Rumah Unlimited – Kebutuhan internet untuk pekerjaan zaman old, zaman now internet bukan cuma …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *