Kamis , November 22 2018
Home / Jaringan / DNSCrypt versi GUI Untuk Mengatasi DNS Redirect atau Re-Route

DNSCrypt versi GUI Untuk Mengatasi DNS Redirect atau Re-Route

Saat ini memang lagi populernya sistem redirect atau re-route DNS oleh ISP dengan tujuan memaksa pengguna tetap menggunakan DNS server milik ISP yang telah melakukan filtering terhadap situs-situs tertentu, meskipun pengguna telah mengubah DNS pada perangkat ke DNS lain misal DNS publik milik Google, OpenDNS, DNS Nawala dan sebagianya. Sistem re-route atau redirect ini untuk alasan tertentu terkadang membuas penguna merasa rugi, terutama atas pemblokiran ke situs web tertentu karena hal pornografi, judi, phising, dan lain sebaigainya.

Nah, sebelumnya saya telah menulis beberapa cara melolosi filtering diantaranya dengan cara menggunakan DNSCrypt yang dipasang sebagai service pada Windows atau menggunakan Data Compression Proxy pada Google Chrome. Dan kali ini, saya akan membahas cara menggunakan DNSCrypt versi GUI untuk Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8,serta Windows 8.1 dimana dengan ada GUI (Graphic User Interface) penggunaaan DNSCrypt ini lebih mudah untuk semua pengguna. Ikuti langkah mudah berikut ini :

Pertama, unduh  DNSCrypt Installer di sini : DNSCrypt Windows Client

Kedua, install aplikasi tersebut seperti biasa yaitu dengan membuka file installer tersebut. Khusus untuk pengguna Windows 8 dan Windows 8.1, installer harus dijalankan dengan akses administrator. Berhubung “Run as Administrator” untuk file .msi belum ada secara bawaan, maka harus terlebih dahulu memasang key registri windows berikut. Silahkan unduh dan jalankan “Add_MSI_Run_as_administrator.reg”. Lalu jalankan installer sebagai Administrator.

jalankan add mis as admin
Tambahkan registry key windows untuk mengaktifkan “Run as Administrator” untuk file .msi
add registri msi as admin yes
Klik “Yes”
run as admin msi
Install DNSCrypt dengan “Run as Administrator”

Ketiga, setelah berhasil terpasang/ter-install, jalankan aplikasi tersebut, dan contreng pilihan seperti gambar berikut :

DNSCrypt Client for Windows

Keterangan :

-Enable OpenDNS = DNScrypt akan menyetel Windows untuk tersambung ke DNS server OpenDNS secara deafult via port 53
-Enable DNSCrypt = DNScrypt akan menyetel Windows untuk tersambung ke DNS Server OpenDNS melalui aplikasi via port 5353
-DNSCrypt over TCP/443 = DNSCrypt akan menyetel Windows untuk tersambung ke DNS Server OpenDNS melalui port 443/http. Cara ini paling ampuh atasi segala DNS re-route/redirect.
-Fall back to insecure DNS = DNScrypt akan mengembalikan setelan DNS Windows ke DNS server bawaan apabila gagal tersambung ke server OpenDNS, dan ini disarankan untuk pengguna Wifi.id dan ISP atau layanan internet lain yang menggunakan web authentication login.

 

Untuk pengguna modem USB, aplikasi ini tidak dapat menyetel langsung setelan DNS untuk koneksi, jadi harus di setel manual. Silahkan buka setelan profil koneksi di dasbor modem, serta setel IP DNS server Primary ke 127.0.0.1, untuk DNS secondary isi sembarang saja.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga mahasiswa Universitas Al Muslim Peusangan.

Lihat Juga

Cara Membatasi Kecepatan Internet Pada Komputer [Bagian 1]

Misalnya anda memiliki satu jaringan komputer yang terdiri dari 3 buah PC, yang terkoneksi ke …

13 comments

  1. thx, sangat membantu ^^d

  2. wah keliatannya mulai beberapa hari ini kok pake dnscrypt udah ga bisa ya? beberapa situs tetep ke blok internet positif

  3. Semua cara2 diatas sudah saya lakukan, tapi tetap kena internet filtering.
    any solution?

    • Mungkin solusinya hanya pakai VPN. Tapi coba ulang pakai DNScrypt, contreng semua pilihan kecuali yg paling bawah lalu coba clear cache browser.

  4. mas pumya saya dulu bisa ijo iconnya sekarang gak bisa,merah trus tu gmn mas

    • Coba cek apakah service OpenDNSCrypt berjalan, buka RUN (Win + R) lalu ketik services.msc dan cari “OpenDNSCrypt”, lihat statusnya berjalan atau tidak. Jika berjalan maka statusnya “stardted”, jika tidak coba klik kanan lalu pilih properties, setel startup type ke automatic, klik start dan klik OK.

  5. udah mas tak buka services status running automatic,aq pakek hotspot portable wifi android untuk modem ke laptop,td malam tak coba ganti password hotspotnya bisa lha pas hidupin laptop lagi status merah/unprotected heran saya

  6. aq pake simpati n laptop win8.1 cb cariin solusinya dong mas

  7. Tifatul Sembiring

    Tengs masbro ! Setelah saya gak jadi Menkominfo lagi, saya jadi kesulitan buka situs bokep. Pake cara ini, akhirnya saya gak perlu ke klinik Tong Seng untuk bisa buka situs bokep lagi ! Tengs !

  8. Hello Mas Mirza
    Mas mirza kalo yang dijelaskan detail diatas lebih untuk pengakses ya mas, nah kalo sebagai pemilik web dan agar web saya tidak terblokir internet positif gimana mas …soalnya sadis web saya bukan situs parno sarah ataupun perjudian, laminating maupun remason. Mohon bimbingannya ya mas …kalo kirim email ke aduan konten kominfo sudah tapi belum ada respon mas. Mksh

    • Pastikan di website tidak ada unsur dewasa sedikitpun, misal dari iklan atau produk yang ditawarkan. Lalu coba email kembali ke aduankonten [at] mail.kominfo [dot] go [dot] id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *