Senin , April 6 2020
Sensus Online

Mau Ikut Sensus Penduduk Online 2020, Pastikan Gadget-mu Siap

Indonesia telah memasuki era Industri 4.0, jadi sensus kali ini dibuat secara online. Sebagai warga negara yang baik maka seharusnya anda mengikuti sensus yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Anda dapat melakukan pendaftaran dan pengecekan data baik dengan perangkat desktop maupun perangkat mobile. Untuk itu, pastikan gadget-mu siap ya.

Berikut beberapa tips agar lancar saat mengikuti sensus penduduk online 2020 melalui laman https://sensus.bps.go.id/

Pastikan Perangkat Laptop dan Smartphone-mu bebas malware

Malware yang banyak jensinya baik virus, ransomware, dan sejenisnya akan menghambat segala proses pendaftaran online, bukan hanya sensus saja. Jadi pastikan perangkatmu bebas virus baik dengan menggunakan gadget dari vendor yang resmi (alias bukan BM) dan gunakan antivirus yang memiliki reputasi baik. Ingat ! Data pribadi zaman ini sangat rentan dan menggiurkan untuk di curi.

Gunakan jaringan kartu seluler yang stabil atau wifi yang handal

Biasanya, saat pemerintah membuat program yang masyarakat melakukan pendaftaran secara online sering kali bermasalah saat banyak diakses. Baik dari server aplikasi maupun jaringan internet pengguna. Pastikan koneksi-mu menggunakan kartu seluler baik 3G/LTE yang stabil atau jaringan Wifi yang tidak bermasalah.

Gunakan DNS yang aman bila koneksi-mu berbagi dengan orang lain atau jaringan patungan

DNS adalah buku kontak website. Berfungsi menerjemahkan alamat domain seperti bps.go.id ke sebuah alamat IP sehingga website ataupun aplikasi internet dapat terhubung. Dengan menggunakan DNS yang aman, maka anda dapat menghindari upaya pencurian data pribadi oleh penyusup yang sangat menginginkan data pribadi pengguna, bahkan hanya dengan mengetahui alamat situs yang dikunjungi.

Perbarui aplikasi browser yang digunakan

Ini adalah hal yang paling penting, se-aman apapun gadget, sistem operasi dan jaringan yang digunakan, kalau browser tidak diperbarui ini akan menjadi masalah utama saat mengakses aplikasi web penting. Pastikan anda memperbarui browser yang dipakai dari toko aplikasi resmi layaknya Playstore atau Appstore. Bagi pengguna desktop, gunakan situs resminya. Misal untuk Chrome gunakan https://google.com/chrome, Firefox https://firefox.com, Opera https://opera.com. Pembaruan browser itu gratis. Asal internet aktif.
tahap pelaksaan sensus penduduk 2020

Jika gadget anda sudah siap, maka pelajari lebih lanjut cara daftar sensus online 2020, dan pastikan anda mengisi data dengan tepat.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga mahasiswa Universitas Al Muslim Peusangan.

Lihat Juga

Android Kitkat, OS Android 4.4

Kalau kita mendengar nama “Kitkat” pasti ingat sebuah produk manisan coklat yang di produksi oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *