Rabu , Juli 15 2020
ilustrasi daftar pustaka
Ilustrasi daftar pustaka (Pixabay)

Kumpulan Daftar Pustaka Dari Internet Yang Bisa Dijadikan Referensi Dalam Penelitian

Internet dapat kamu jadikan sebagai sumber informasi masa kini yang menjadi rujukan bagi banyak orang dalam menulis. Tidak terkecuali dalam penulisan karya ilmiah sekalipun. Tidak hanya untuk menulis artikel berita saja, dengan informasi yang terdapat di internet kamu dapat mengakses berbagai macam jurnal ilmiah baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Jurnal adalah suatu bentuk tulisan khusus yang memuat daftar suatu bidang ilmu tertentu. Jurnal adalah suatu tulisan yang dibuat oleh seseorang yang memang berkompeten dan ahli dalam bidangnya yang kemudian diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga. Bagi kamu yang sedang menyusun suatu karya ilmiah biasanya akan kebingungan dalam mencari kumpulan daftar pustaka. Berikut ini adalah kumpulan daftar pustaka yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat karya ilmiah.

  1. Perpusnas

Kumpulan daftar pustaka pertama yang bisa kamu temukan adalah terdapat di Perpusnas. Ketika kamu berkunjung ke perpustakaan maka kamu akan membayangkan ribuan buku yang berjajar dalam rak dan sulit untuk menemukan buku yang kamu inginkan karena jumlahnya yang sangat banyak. Padahal dengan memanfaatkan kemajuan teknologi kamu juga dapat membawa perubahan tersebut terhadap tampilan perpustakaan.

Kamu dapat mencari kumpulan daftar pustaka dengan memanfaatkan Digital Library yang terdapat di Indonesia salah satunya adalah Perpusnas atau Perpustakaan Nasional. Di Perpusnas ini kamu akan menemukan banyak sekali jurnal-jurnal ilmiah berbayar tetapi sudah pemerintah sewa sehingga dapat diakses secara gratis. Kamu hanya perlu mengakses http://e-resources.pnri.go.id saja dan sudah dapat menikmati berbagai kumpulan daftar pustaka yang dapat menunjang penulisanmu.

  1. Google Schoolar

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Google Scholar. Google Scholar adalah salah satu penyedia jurnal internasional online yang cukup sering dipakai oleh mahasiswa. Peneliti dan dosen di Indonesia juga sudah familiar dengan Google Scholar karena pasti sudah sering mengaksesnya.

Bagi kamu yang membutuhkan kumpulan daftar pustaka untuk menunjang penelitian-mu dapat menjadikan Google Scholar sebagai salah satu referensi. Google Scholar termasuk kedalam kategori situs web yang digemari untuk mencari kumpulan daftar pustaka karena diberikan secara gratis dan sudah dalam bentuk format PDF.

Yang menjadikan Google Scholar memiliki kelebihan tersendiri adalah karena memiliki banyak variasi jurnal dan laporan. Mulai dari thesis, paper, jurnal, bahkan literature ilmiah. Jika kamu berminat bisa langsung mengaksesnya saja melalui http://scholar.google.com/.

  1. Academia

Kumpulan daftar pustaka yang terakhir adalah melalui Academia. Pada situs Academia kamu dapat menemukan berbagai kumpulan daftar pustaka yang sudah terbukti keabsahannya. Pada situs ini tersedia banyak sekali jurnal ilmiah termasuk jurnal internasional yang bisa kamu akses secara gratis.

Academia dapat dikatakan sebagai media sosialnya para akademis di dunia. Cara kerja pada Academia sama seperti Facebook, hanya saja konten yang diberikan lebih fokus ke tema pendidikan, Kalau kamus sedang membutuhkan materi pendidikan untuk menambahkan kumpulan daftar pustaka ke dalam penulisanmu dapat mengunjungi http://www.academia.edu.

Selain itu, Academia juga menyediakan jutaan makalah dan ratusan ribu jurnal yang sudah dipublikasi oleh para peneliti. Jangan lupa untuk mendaftarkan dulu diri kamu jika ingin mengakses situs jurnal ini secara gratis. Cara mendaftarnya juga sangat mudah yaitu kamu hanya menggunakan akun Google atau Facebook yang kamu miliki.

Berikut adalah beberapa kumpulan daftar pustaka yang bisa kamu jadikan referensi dalam mencari sumber untuk menunjang penelitian-mu. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam menemukan referensi penulisan.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni Universitas Al Muslim Peusangan, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Lihat Juga

Streaming Piala Eropa 2020

Nonton Streaming Piala Eropa 2020 Di Aplikasi Ini

Even sepakbola Piala Eropa akan digelar pada 12 Juni -12 Juli 2020. Indonesia adalah salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *