Sabtu , Desember 8 2018
Home / Sosial / Ketika Listrik Padam, di Situ Saya Menjadi Galau

Ketika Listrik Padam, di Situ Saya Menjadi Galau

Jum’at 12 Juni 2015, sekitar pukul 19.00, aliran listrik di Daerah Kota Lhokseumawe secara tiba-tiba padam. Saya pikir ini hanya sementara, karena sudah biasa di Aceh kalau listrik pada. Satu jam, dua jam, tiga jam atau empat adalah hal biasa. Namun, kali ini menjadi luar biasa sehingga tulisan ini saya tulis. Menurut informasi yang saya dapatkan dari situs RRI, Supervisor Operasi Distribusi PLN Area Lhokseumawe, Mukhtar Juned  mengatakan bahwa penyebabnya padam listrik akibat dari putusnya sebuah kabel pada jaringan 150 KV di wilayah Perlak Timur, sehingga pasokan arus listrik untuk wilayah Idi hingga Banda Aceh terganggu.

Berhubung zaman sekarang hampir setiap orang memiliki ponsel pintar, tablet, laptop dan gadget lainnya, postingan tentang ini pun menjadi ramai di sosial media. Status galau akibat padam listrik bertebaran, ada yang  mencaci maki PLN, ada yang update status persentasi baterai ponselnya, dan ada yang sibuk mencari warung kopi yang pakai genset seperti saya. Ya, di zaman yang serba digital ini, sumber daya listrik memang sangat dibutuhkan, layaknya air.

Dengan canggihnya ponsel seperti saat ini, dengan banyak fitur ini itu, pemakaian baterai sangat boros. Alangkah jayanya para pemakai ponsel featured dan sejenis Nokia greget 3315, dimana hal ini bukan masalah bagi mereka. Saya yang pakai ponsel pintar nan imut merek Samsung Galaxy Star, pilihan mematikan aplikasi boros daya seperti BBM dan cs-annya adalah langkah tepat.

Dari pukul 19 hingga pagi, listrik belum juga hidup. Pagi hari, dengan sebuah genset yang tua nan renta, saya mencoba menghidupkannya untuk cadangan listrik sementara guna menghidupkan pompa air untuk mandi.

Sekitar pukul 11, listrik sudah kembali nyala setelah padam sekitar 17 jam ! Rasanya seperti mendapat air di padang pasir. Alangkah senangnya, pekerjaan yang tertunda semalam langsung saya kerjakan, namun pukul 13.30 listrik kembali padam. Aduh, PLN rasanya ngajak ribut. Dan kembali menunggu….

Akhirnya, satu setengah jam kemudian, listrik kembali hidup… Dan saya tidak tahu apakah akan padam lagi hari ini atau tidak…. Sampai tulisan ini saya terbitkan….

 

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga mahasiswa Universitas Al Muslim Peusangan.

Lihat Juga

Selamat Untuk Jokowi dan Jusuf Kalla

Saya pribadi mengucapkan selamat untuk pasangan Capres 2014 nomor urut 2, Joko Widodo dan Jusuf …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *