Jumat , Juni 21 2019
Home / Website / Cara Menyimpan File dengan Aman

Cara Menyimpan File dengan Aman

Berkas digital atau file adalah sesuatu yang amat penting bagi kita dalam kehidupan modern ini, kalau dulu kita menyimpan foto-foto dalam album kertas, sekarang kita menyimpannya dalam album Facebook. Benar tidak ? Yah menyimpan foto di album Facebook mungkin hanya sekadar untuk berbagi, tapi menyimpan foto yang aman bukan juga di memori ponsel atau Hardisk bahkan Hardisk eksternal sekalipun. Kenapa ? Karena tidak aman. Kita bisa kehilangan foto-foto penting karena sistem atau perangkat crash, rusak atau bahkan disk bad sector. Perangkat bisa dibeli tapi foto kenangan anda tak akan bisa diulangi. Selain itu file penting bukan cuma foto kan ? Dan tidak semua foto bisa disimpan di Facebook.

Oleh karena itu kenapa tidak file penting kita, kita simpan di awan :D. Apa Awana ? Ya Awan, maksudnya ialah cloud atau cloud storage dimana file kita disimpan dalam lingkungan virtual yang berada pada jaringan server cloud computing. Adapun penyedia cloud storage yang menyediakan layanan secara gratis ialah Dropbox, Box.net atau Box.com, Skydrive, Google Drive dan masih banyak lagi. Bahkan penyedia file hosting seperti Mediafire, Megaupload(sekarang Mega) sudah beralih menjadi cloud storage. Dengan banyaknya pilihan cloud storage, manakah yang mudah digunakan ? Disinlah tempat yang aman kita simpan file dengan cara mengunggahnya. Setelah mencoba beberapa, berikut cloud storage yang saya rekomendasikan berdasar kemudahan dan fiturnya baik secara web interface dan client interface. Client atau Sync client adalah aplikasi yang dipakai untuk melakukan sinkronisasi file yang ada dikomputer kita dengan akun cloud kita, dengan kata lain dipakai untuk upload dan download.

Dropbox

Bagi sebagian orang tidak asing mendengar nama ini, bagi yang belum tau mungkin anda bisa mencoba. Dropbox memberikan penyimpanan cloud secara gratis sebesar 2GB dan bisa ditambah sampai 16GB dengan me-refer teman dan menyambungkan akun sosial media. Setiap satu refferal diberikan reward 500mb. Reward akan diberi apabila user yang daftar melalui refferal menginstall aplikasi Dropbox Sync.

Untuk interface dropbox, web interfacenya ringan dan mudah digunakan. Tersedia tab khusus untuk melihat link file yang di share atau dibagi. Untuk aplikasi sync, menurut saya inlah yang terbaik dari yang ;pernah saya pakai. Tersedia fitur untuk memilih folder mana saja yang ingin di sinkron serta ada fitur pembatasan bandwitdh, sehingga kita dapat mengatur kevepatan upload dan download.

Tidak ada batasan ukuran file yang disimpan dan di unduh, hanya saja  besar ruang gratis yang kecil yaitu hanya 2GB dan bisa ditambah dengan refferal hingga 16GB. Jika dipakai untuk menyimpan foto serta dokumen, tidak masalah. Jika ingin lebih akun premiumnya juga murah 🙂

Daftar Dropbox

Box.com atau pernah dikenal Box.net

Box.com memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 10GB(dulu hanya 5GB). Dengan batasan ukuran file 250mb setiap file, 10GB Bandwitdh perbulan(batasan bandwitdh untuk download via web interface) masih dapat diandalkan untuk anda yang ingin menyimpan file secara aman yang ukurannya dibawah 250mb, ya kalau lebih dari itu WinRAR, HjSplit, serta 7zip masih dapat membagi ukuran dan premiumnya juga tidak mahal 🙂

Aplikasi sync-nya masih perlu peningkatan fitur, termasuk fitur memilih folder apa yang ingin di sinkronkan. Yang lainnya tidak masalah.

Google Drive

Salah satu produk Google yang dulunya Google Document dan sekarang disulap menjadi cloud storage. Google drive memberikan ruang gratis sebesar 15GB yang bundled dengan akun Google lain termasuk album G+ Photo atau dulu Picasa serta Gmail. Namun gambar dengan ukuran dibawah 2048×2048 tidak dipotong kuota penyimpanan loh untuk setiap gambar yang unggah ke ke semua produk. Dan tidak ada batasan ukuran file maupun bandwitdh. Butuh penyimpanan lebih banyak tingal bikin akun baru dan Google izinkan itu. Tidak mau ribet ? Akun premium juga murah 🙂

Mediafire

Ini file hosting favorit saya yang telah berubah menjadi cloud storage. Namun masih dengan peraturan lama, limit ukuran file 200mb, limit download untuk file arsip serta penyimpanan 10 GB. Dulu mereka memberi unlimited storage lalu turun menjadi 50GB, tapi itu tidak masalah. Namun 10Gb sekarang terlalu kecil untuk ukuran MediaFire. Namun mereka masih berbaik hati karena kita dapat menambha ruang sampai 50GB dengan refferal.

Untuk aplikasi sync, saya tidak dapat memberi komentar lebih karena masih beta, namun sangat diharapkan untuk menambah fitur pengelola bandwitdh. Itu penting, terutama untuk user Indonesia 🙂

 

Nah, dari semua yang di atas adalah sebagian cloud stirage terbaik dan gratis dan masih banyak lagi cloud storage terbaik lainnya yang mungkin lebih baik. Namun tentu saja, mereka semua aman untuk menyimpan file, selama anda tidak meng-upload film Holluwood dan membuat blog download film, dijamin aman 😀 Anda boleh upload film kesukaan kesana, tapi untuk backup bukan untuk mempublikasikan.

 

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga mahasiswa Universitas Al Muslim Peusangan.

Lihat Juga

Promo Domain Murah 2017, Mulai Dari 11 Ribu/Tahun

Tahun 2017 sudah 2 pekan berjalan. Buat anda yang hobi mengoleksi domain-domain bagus untuk dikembangkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *