Minggu , April 11 2021

Cara Aman Install Software Gratisan

Kita memang suka dengan yang namanya gratisan terutama software gratis, dalam hal ini yang dimaksud software gratis ialah software yang bersifat freeware bukan bajakan atau hasil dari crack-an. Software semacam ini biasanya dibuat oleh developer yang di didukung dengan iklan, baik iklan di situs resminya atau bahkan iklan yang disisipkan pada software tersebut. Namun hal yang paling mengesalkan apabila si software tersebut memasang program ad-ware lain yang “menyuntik” sesuatu ke browser kita, misal toolbar dan “paksaan” homepage dengan dalih-dalih pencarian yang aman, dan sudah pasti halaman-halaman tersebut bertebaran banyak iklan. Selain memberatkan kinerja browser karena menghabiskan lebar pita internet percuma untuk memuat data yang tidak kita butuhkan, juga berbahaya bagi keamanan komputer kita. memang ini untuk mendukung pihak developer, namun kalau dengan cara seperti ini malah membuat pengguna menjadi tidak senang. Wajar-wajar saja jika mereka membuat software  gratis dengan tujuan pengguna membeli software bayaran mereka, namun kalau memaksakan iklan di komputer kita, itu menjadi sangat tidak wajar. Bahkan ada ad-ware yang berani menyuntik iklan ke halaman Facebook dengan cara menyusup ke browser.

Nah, untuk itu kita perlu waspada jika memasang sebuah software gratisan, perhatikan benar-benar wizard installer-nya karena sebenarnya kita telah diberikan pilihan untuk tidak memasang program ad-ware tersebut namun kebanyakan orang mungkin karena malas baca asal saja melakukan “next” dan “next” sehingga next -nya komputer disisipi ad-ware yang super bandel untuk di hapus. Untuk itu kita perlu cermat. Berikut beberapa screenshot wizard software gratisan yang menyisipkan program adware dan sangat dianjurkan tidak untuk di pilih:
2012-12-29_102006
Jika menemukan yang seperti itu, sebaiknya di hilangkan contrengannya atau di pilih “Decline”. Walaupun menawarkan mesin pencari dan toolbar yang katanya mempermudah, namun semua itu hanyalah mesin pencari abal-abal dan ad-ware. Jadi, berhati-hatilah.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni Universitas Al Muslim Peusangan, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Lihat Juga

Internet Service AC

Internet Service AC bukan berarti mau service AC pakai internet ya, tapi judul yang tepat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *