Kamis , September 17 2020
server crash
Ilustrasi ©Dynamicquest.com

Apapun Web Hostingnya, Backup adalah yang Paling Utama

Memilih penyedia layanan web hosting adalah tantangan buat para web developer. Layanan infrastruktur teknologi tersebut menyokong kesuksesan sebuah website dalam melayani pengguna, menyimpan data, serta memprosesnya.

Cara memilih web hosting yang benar bagi developer website dan aplikasi digital beragam cara. Dihimpun dari berbagai diskusi forum dan grup sosial media, berikut beberapa poin penting dalam memilih jasa web hosting

1. Penyedia memiliki badan hukum

Sebuah layanan yang memiliki badan hukum tentunya lebih dipercaya, bukan hanya di industri ini. Web hosting yang memiliki badan hukum mulai dari CV hingga PT lebih baik menjadi opsi ketimbang layanan yang dioperasikan oleh personal. Mungkin dengan memiliki badan hukum, penyedia web hosting dianggap serius dalam bisnisnya yang menampung data milik webmaster.

2. Beroperasi sekian lama

Merek web hosting yang telah beroperasi sekian lama, misalnya lebih dari 5 tahun menjadi prioritas. Hal ini tentu saja dianggap penyedia telah berpengalaman dan terbukti amanah dalam menjalankan layanan yang ditawarkan. Lamanya beroperasi juga turut dibantu oleh review positif yang diberikan oleh pengguna layanan tersebut, yang akan dibahas di poin selanjutnya

3. Review

Review web hosting baik yang positif yang dan negatif juga menjadi acuan. Sebuah perusahaan yang lama berdiri akan ditinggalkan apabila memiliki review yang negatif. Sebaliknya,merek personal yang memiliki banyak review positif akan dipilih bila banyak review yang memuaskan pelanggan dan tentu saja telah beroperasi lama.

Dalam hal review, pengalaman orang bisa berbeda. Tapi untuk hal uptime dan layanan support pelanggan semuanya akan memiliki parameter yang sama. Perbedaan review bisa saja terjadi pada sebuah perusahaan web hosting yang memiliki reputasi baik.

Misal, seorang web developer yang mengerjakan website harga jutaan rupiah akan mengeluh dan memberikan review negatif pada perusahaan web hosting terpercaya akibat mahalnya paket yang ditawarkan. Hal ini tentu tidak berlaku bagi developer yang menangani proyek website ratusan juta.

Perbedaan review di sini bisa terjadi akibat segmen pasar layana itu sendiri, pengetahuan pengguna akan teknis web hosting, kebiasaan pengguna menggunakan panel, hingga budaya setempat.

4. Dukungan Layanan

Bagi sebagian orang, ketiga poin di atas tidak ada artinya bila dukungan layanan dari customer service yang kurang tanggap. Tentu saja ada pengguna yang website error akibat salah konfigurasi .htaccess memerlukan bantuan tim teknis.

Sebagian pengguna lain juga mengharapkan bagian sales yang ramah, meskipun sudah sangat mahir namun masih saja mengharap balasan yang ramah saat chat dengan sales, misal saat menanyakan pre-sales question.

Dukungan layanan yang memiliki respon yang cepat, ramah, dan ahli akan menjadi poin penting yang terkadang dapat mengabaikan kualitas teknis.

Yang paling penting adalah backup

Backup atau cadangan merupakan bagian yang wajib dilakukan oleh webmaster, web developer, admin web, blogger atau apapun panggilannya.

Apapun web hostingnya, backup adalah yang paling utama. Kalimatnya mungkin tidak nyambung. Seharusnya mungkin … <merek> solusinya atau …<nama webserver> solusinya.

Begini, anggap saja webmaster bernama Tony Stark langganan web hosting di Marvel Host. Nah, Marvel Host ini perusahaan besar yang pelayanannya sangat bagus mulai dari kecepatan, fitur, dukungan layanan hingga diskon-diskonan. Namun, ada satu aturan yang dilupakan oleh Stark. Yaitu jangan menggunakan script buatan si developer Hydra karena memiliki anu yang rentan keamanannya. *

Stark menggunakan script tersebut di plugin CMS nya. Beberapa waktu kemudian, script tersebut ditemukan oleh pihak web hosting dan mereka melakukan terminate terhadap akun web hosting nya sesuai dalam term of service bab sekian.

Seluruh file dan database website milik Stark hilang. Dia menghubungi CS, namun kata CS pelanggaran tersebut tidak dijamin dan semua data telah hilang. Di website itu memuat kisah penting yang sangat tidak mungkin untuk ditulis ulang.

Nah, karena Stark memiliki backup, dia tinggal melakukan restore saja. Tentu saja backup itu diletakkan di tempat lain, di SHIELD cloud storage. Backup dikirim dari websitenya secara otomatis tiap satu jam sekali. Sehingga setiap pembaruan konten, maka data tetap konsisten.

Cerita fiksi di atas adalah alasan mengapa backup itu penting. Backup ada banyak jenis, mulai dari backup manual dan otomatis. Alatnya pun banyak, mulai dari plugin CMS, software pada panel dan layanan pihak ketiga.

Zaman now tentu saja backup yang baik adalah minimal backup otomatis harian yang disimpan di tempat lain, bukan tempat kita menyewa layanan web hosting tersebut. Banyak kemungkinan terjadi, mulai dari yang terduga hingga yang tidak terduga.

 

*Tentu saja di dunia marvel cinematic universe Tony Stark punya server sendiri yang lebih canggih, ini hanyalah contoh semata.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni Universitas Al Muslim Peusangan, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Lihat Juga

Google Search Console : Bagaimana Cara Submit Link Website di Google Search Console Baru ?

Google Search sebelumnya bisa menerima kiriman link dari pengguna yang tidak mendaftarkan website pada layanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *