Selasa , Desember 10 2019
Home / Jaringan / Nawala DNS vs Google DNS

Nawala DNS vs Google DNS

Kalau kita mencari di Google cara mempercepat koneksi internet, pasti kita bakal menemukan website atau blog yang membahas DNS Google yang dapat mempercepat koneksi internet. Namun, hal ini belum tentu benar, kenapa? Karena kecepatan internet bergantung pada besarnya lebar pita yang diberikan oleh penyedia layanan kepada kita. Namun kenapa ada yang mengatakan DNS Google bisa mempercepat koneksi internet? Mereka berteori bahwa request ke DNS Server Google lebih stabil daripada DNS server lainnya, ya maklum saja server Google ‘kan terkenal tangguh. Namun seberapa tangguhnya server Google kita juga harus memikirkan ‘jarak’ antara kita dan sang server. Logikanya, jika lokasi DNS server-nya dekat dengan kita, maka permintaan atau request akan lebih cepat dan dapat meminimalisir delay yang ada, bukankah kalau lebih singkat lebih cepat? Di sini saya pilih sample 2 DNS server ternama yang punya fungsi berbeda untuk sebagian orang, dan lokasi yang berbeda pula, yaitu Nawala DNS dan Google DNS.Namun tetap berlaku untuk DNS server lainnya.

Jika melihat dari posisi kita sekarang, Nawala sepertinya lebih cocok, karena lebih dekat dengan kita, namun bukan berarti Google DNS itu tidak baik, hanya saja kurang tepat dan tidak dianjurkan jika koneksi internet-nya mempunyai nilai average ping yang besar. Untuk membuktikan kecocokan, saya melakukan pengujian kecil, pertama saya melakukan ping ke google.com untuk menguji koneksi internet saya dan mendapatkan hasil dengan average 37 ms, yang berarti normal dan dapat diandalkan. Lalu saya melakukan ping ke IP DNS server Google, saya mendapatkan hasil dengan average 42 ms dan ini sudah cukup rasanya berhubung dia jauh dari kita. Lalu saya ping lagi ke IP DNS server Nawala, saya mendapatkan hasil dengan average 13 ms, dan ini sangat cocok untuk kita. Nah, di sini kita dapat simpulkan sendiri mana yang lebih baik, serta pengujian saya dapat di lihat pada screen capture berikut:

ping_nawala_vs_google_dns
klik gambar untuk memperbesar

 Lokasi server(IP) berdasarkan loopkup dari whatismyip.com

180.131.144.144_lokasi
Lokasi DNS Server Nawala, klik gambar untuk memperbesar
8.8.8.8_lokasi
Lokasi DNS server Google, klik gambar untuk memperbesar

Oleh karena itu, saya menganjurkan memakai DNS lokal, kenapa? Karena lebih baik da lebih ‘dekat’ dengan kita. Dan di sini bukan berarti saya ingin melebih-melebihkan tentang Nawala, saya hanya ingin menguji kualitas kecocokan untuk kita, karena mungkin banyak dari anda yang kurang menyukai DNS Nawala terutama jika anda suka surfing yang ‘asik-asik’ atau punya blog/website yang terkena filter Nawala, namun itu hak anda silahkan pilih sendiri.

Bagi saya sendiri, tetap lebih merekomendasikan DNS lokal seperti Nawala, namun jika anda kurang suka dengan filter-nya, anda dapat menggunakan DNS ISP anda dimana lebih ‘dekat lagi’.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga mahasiswa Universitas Al Muslim Peusangan.

Lihat Juga

Review Paket Internet Unlimited Tri 2017

Review Paket Internet Unlimited Tri 2017

Sebelumnya saya agak sedikit kesal karena lambatnya akses koneksi wifi dari wifi.id. Mungkin saja ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *