Sabtu , November 9 2019
Home / Komputer / Membersihkan Adware Pada Komputer

Membersihkan Adware Pada Komputer

Menghapus Ask Toolbar, iMesh, dan berbagai Adware ( Ads Software) yang tidak diinginkan

Tak jarang siapapun yang pernah menggunakan komputer untuk berselancar di internet sering terjebak yang namanya adware. Apa itu ? Sebuah perangkat lunak gratis yang ditawarkan, dengan fitur yang menggiurkan namun disisipkan iklan yang sangat menggangu baik dengan toolbar, homepage browser yang dipaksa, serta sampai halaman tab baru pun dijajah. Pernah saya tulis Cara Aman Install Software Gratisan, dimana kita dapat menghindar Adware yang disisipkan.

Ada dua jenis software yang bersifat adware, ada yang memang berguna untuk kita dan ada yang memang tidak terlalu berguna. Misal yang berguna semacam Handycafe untuk billing warnet dan ada yang tidak terlalu berguna dan bahkan kita memasang karena di tipu. Biasanya dengan fitur yang menggiurkan.

Ada dua jenis juga cara mereka menyisipkannya, pertama kita diberi pilihan untuk tidak memasang toolbar misalnya, dan bahkan ada yang memberi pilihan namun jika kita tidak memilih maka itu software tak dapat diinstall. Biasanya tombol Next tidak muncul atau digelapkan :p.

AdwCleaner

Kalau sudah terlajur kena, saatnya kita bersihkan dengan AdwCleaner – Adware | Toolbar | PUP Removal Tool(Windows XP/Vista/7/8). Aplikasi kecil ini dapat membersihkan berbagai jenis adware yang menyusup di sistem kita ( Windows). Silahkan unduh di sini:

download adw cleaner
Alternatif link : Download ZIP (saat ini saya mirror-kan versi 4.109)

Cara menggunakannya :

  • Buka “adwcleaner.exe
  • Klik “Search”
  • Program ADWCleaner akan mencari adware yang ada di komputer anda, tunggu hingga selesai.
  • Setelah pencarian selesai, hasilnya akan ditampilkan (dan tersimpan juga di “C:\AdwCleaner[R1].txt“)
  • Jika ditemukan program dan file yang tidak diinginkan, klik “Delete” (laporan akan tersimpan di “C:\AdwCleaner[S1].txt“)
  • ADWCleaner akan meminta untuk Restart komputer anda.
  • Silakan restart dan selesai.

Semua program Adware yang tidak diinginkan akan dibersihkan. Namun tetap berhati-hati dalam memasang software apapun, perhatikan baik-baik wizard-nya. Jangan asal Next 🙂

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga mahasiswa Universitas Al Muslim Peusangan.

Lihat Juga

Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Secara umum (pengaturan Control Panel) atau Settings pada Windows 10 tidak ada pilihan untuk mematikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *