Sabtu , Juni 12 2021
DNS Anti Internet Positif 2021
Ilustrasi (Foto : Pixabay)

DNS Anti Internet Positif 2021 : Cara Menggunakan dan Server Tercepat

DNS Anti Internet positif 2021 untuk berbagai perangkat termasuk laptop atau komputer, smartphone, serta berbagai perangkat lainnya yang dapat mengakses internet.

DNS tercepat 2021 untuk Windows, MacOS, Android, iOS yang menggunakan protokol dns over https (DoH). DoH sekarang didukung oleh penyedia server DNS ternama seperti Google DNS, Cloudflare DNS, OpenDNS dan pemain baru seperti NextDNS hingga Adguard.

Sekilas Tentang DoH

Dulu, saya telah menulis tentang cara melakukan bypass internet positif tanpa VPN serta cara menggunakan DNScrypt. Di tahun baru ini, saya akan menulis tentang DoH dan  cara menggunakannya pada browser ternama yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox. Selain pada browser, juga pada level sistem operasi terutama Windows.

DoH pada dasarnya adalah protokol DNS yang melakukan query pada jaringan HTTPS yang terenkripsi. Melansir Wikipedia, DNS over HTTPS merupakan sebuah protokol untuk melakukan resolusi DNS  dengan menggunakan protokol HTTPS.

Penggunaan DoH adalah untuk mencegah serangan Main-in-middle yang mampu melakukan penyadapan pada lapisan aplikasi di lapisan OSI. Pelajari selanjutnya mengenai lapisan OSI di sini : https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI.

Penyadapan ini biasanya dilakukan oleh operator jaringan, admin kantor atau kampus, serta pemerintah untuk mengetahui alamat situs yang diakses oleh pengguna. Selain itu, “penyadapan” tersebut biasanya juga dipakai untuk mengumpulkan statistik penggunaan jaringan, misal untuk mengetahui situs mana yang sering diakses.

Alamat Server DoH yang populer

DoH Google

https://dns.google/dns-query

DoH Cloudflare

versi standar : https://dns.cloudflare.com/dns-query

versi blokir malware : https://security.cloudflare-dns.com/dns-query

versi blokir konten dewasa dan malware : https://family.cloudflare-dns.com/dns-query

OpenDNS

versi standar : https://doh.opendns.com/dns-query

versi FamilyShield (blokir konten dewasa dan malware) : https://doh.familyshield.opendns.com/dns-query

AdGuard

DNS Adguard secara bawaan memiliki kemampuan untuk memblokir iklan, pelacakan penjelajahan daring dan phising

versi standar : https://dns.adguard.com/dns-query

versi standar, pemblokiran konten dewasa dan pencarian aman : https://dns-family.adguard.com/dns-query

versi tanpa pemblokiran apapun termasuk iklan : https://dns-unfiltered.adguard.com/dns-query

NextDNS

NextDNS memiliki pilihan pengaturan yang dapat diatur oleh pengguna. Pengguna DNS memiliki alamat khusus untuk tiap-tiap pengguna dan tiap-tiap perangkat. Pengguna dapat memilih untuk melakukan blokir iklan, blokir situs tertentu(misal Youtube), blokir layanan tertentu (misal blokir semua akses ke Google dan produk-produknya), melakukan blokir sosial media, melakukan blokir aplikasi, melakukan blokir game, dan berbagai pilihan pengguna lainnya.

Penggunaan NextDNS secara gratis dengan mendaftar pada situsnya, kemudian mendapatkan URL khusus. NextDNS menyediakan percobaan gratis tanpa mendaftar selama tujuh hari. Untuk yang mendaftar, gratis hingga 300.000 kueri perbulan. Ada opsi berlangganan premium yang tersedia untuk paket kueri dns unlimited.

Informasi selengkapnya langsung ke https://nextdns.io.

Cara Menggunakan DoH pada Google Chrome

Pastikan Anda menggunakan Google Chrome versi terbaru untuk mendapatkan fitur ini. Untuk pengguna laptop atau komputer, unduh versi terbaru di sini : https://www.google.com/intl/id/chrome/

Untuk pengguna Android, unduh versi terbaru di sini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.android.chrome. Untuk pengguna iOs unduh versi terbaru di sini : https://apps.apple.com/id/app/google-chrome/id535886823

Cara Menggunakan DOH pada Google Chrome Desktop

Klik tiga titik pada sudut kanan atas, pada menu pilih Setelan. Saat isi menu setelan sudah tampil, gulir (scrool) hingga pilihan Keamanan. Setelah tampil isi menu keamanan, gulir ke pilihan Lanjutan. Pada opsi Gunakan DNS Aman, geser ke posisi aktif yang ditandai dengan warna biru pada ikon pilihan. Pada opsi Dengan pilih server pilihan Anda, misal Google DNS, Cloudflare, CleanBrowsing atau pilih sesuaikan untuk mengatur url DoH selain pilihan tersebut.

Cara Menggunakan DOH pada Google Chrome Smartphone

Tap tiga titik pada sudut kanan atas (atau sesuai posisi menu Chrome Anda), pilih menu Setelan lalu pada Privasi dan keamanan. Pada opsi Gunakan DNS Aman, pilih server yang diinginkan. Pilih sesuaikan bila ingin memasukkan URL DoH yang lain selain yang tersedia.

Cara ini merupakan contoh pada Android. Cara yang sama juga pada perangkat iOS, sesuaikan saja dengan perangkat Anda.

Cara Menggunakan DoH pada Mozilla Firefox

Pastikan Anda menggunakan versi Mozilla Firefox terbaru, untuk desktop unduh versi terbaru di sini : https://www.mozilla.org/id/firefox/new/.

Untuk Android unduh versi terbaru di sini : https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mozilla.firefox.

Untk versi iOS untuh versi terbaru di sini : https://apps.apple.com/id/app/firefox-private-safe-browser/id989804926.

Cara Menggunakan DoH pada Mozilla Firefox Desktop

Klik ikon tiga garis pada sudut kanan atas, pilih menu Pengaturan. Gulir pada Setelan Jaringan, klik pada tombol Setelan. Pada pop-up menu setelan gulir lagi ke bawah pada Aktifkan DNS lewat HTTPS. Pada pilihan Gunakan Penyedia  pilih server Cloudflare atau NextDNS (ini NextDNS umum Firefox tanpa akun, tanpa opsi pilihan pengguna). Terakhir, tekan OK untuk menyimpan pengaturan.

Cara Menggunakan DoH pada Mozilla Firefox Smartphone

Sampai tulisan ini ditulis, opsi tersebut belum ada. Akan diperbarui bila telah tersedia.

Cara Menggunakan DoH pada Desktop (Windows)

Unduh aplikasi klien DoH untuk Windows, saat ini saya merekomendasikan YogaDNS. Unduh yoga DNS  di sini : https://yogadns.com/.

Install dan jalankan YogaDNS, kemudian akan muncul First Start Wizard, akan muncul berbagai pilihan antara lain pilihan menggunakan pengaturan kosong (Start with empty…), menggunakan Google DNS DoH, Quad DNSCrypt, NextDNS dan pilihan import pengaturan. Silakan pilih yang Google DNS, kemudian selesai, DNS telah melewati DoH via server Google.

Untuk menyesuaikan pilihan, buka YogaDNS dan klik pada menu Rules dan sesuaikan pilihan. Pada YogaDNS dengan pliha rule nya, dapat disesuikan banyak aturan berdasarkan domain. Misal domain facebook.com ingin di lewatkan via Google DNS saja, sedangkan yang lain lewat DNS bawaan jaringan.

Aplikasi YogaDNS tidak hanya menyediakan layanan DoH, namun juga menggunakan DNS over TLS(DoT). Pelajari selengkapnya tentang DoT di sini : https://www.cloudflare.com/learning/dns/dns-over-tls/

Cara Menggunakan DoH pada Android

Unduh aplikasi Nebulo pada Google Playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.frostnerd.smokescreen. Buka aplikasi itu, tap pada ikon server pada sisi kanan bawah, pada konfigurasi server pilih server yang diinginkan, misal Google DNS. Nebulo tersedia protokol DoH dan DoT, pastikan Anda memilih DoH jika menginginkan DoH.

Nebulo melakukan emulator VPN, izinkan layanan VPN yang diminta. Nebula tidak menyambungkan ke server VPN manapun, hanya membuat sambungan VPN lokal untuk melewatkan kueri DNS ke server DoH.

Anda juga dapat menggunakan layanan DoH khusus Cloudflare dengan aplikasi 1.1.1.1 (Wrap), sudah saya buat pada postingan ini : Bahaya Pakai VPN ? Pakai Aplikasi Ini Saja Untuk Buka Sosmed

Cara Menggunakan DoH pada Android tanpa Aplikasi

Untuk Androi Pie telah mendukung DoH secara bawaan, cukup buka Settings lalu Network & internet lalu Advanced lalu Private DNS, dan pilih atau isikan server DoH yang diinginkan.

Cara ini paling mudah di Android tanpa memasang aplikasi tambahan dan hemat baterai.

Tips Cepat :

Paling mudah menggunakan DoH adalah pada sisi browser, karena tanpa perlu aplikasi atau aturan tambahan.

Video Tutorial Menggunakan DNS Over HTTPS

Kesimpulan

Penggunaan DNS over HTTPS tersebut selain membuka situs yang diblokir, dapat juga melakukan sensor konten untuk perangkat. Misal dengan Nebulo, Anda dapat mengatur situs-situs yang aman untuk anak-anak saat menggunakan ponsel Android.

Manfaat lain dari DoH adalah dapat mempercepat akses internet terutama bagi ISP yang DNS server sering timeout. Namun, hal itu bergantung pada berbagai faktor, dapat pula memperlambat bila ISP melakukan pembatasan atau throttling ke server-server DNS populer. Tetapi kasus tersebut jarang didapati dan hanya pada jaringan yang admin telah mengimplementasi firewall khusus, misal jaringan internet kantor yang di managed khusus.

Catatan

Antarmuka atau visual pengaturan pada browser dan aplikasi dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pembaruan pengembangannya.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni Universitas Al Muslim Peusangan, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Lihat Juga

Kiwi VPN : Review & Download VPN Gratis Untuk Android

Banyak VPN gratis di Google Play Store, Kiwi VPN salah satunya. Karena banyak yang menggunakan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *