Senin , Agustus 10 2020

Cara Membatasi Kecepatan Internet Pada Komputer [Bagian 2]

Setelah menginstall NetBalancer, sekarang saatnya kita men-setting pengaturan dasar agar bandwitdh dapat dibatasi. Berikut langkah disertai gambar :

  1. Buka NetBalancer untuk pertama kali, maka akan muncul windows seperti berikut, hilangkan “Syncronize” bila tidak ingin menggunakan fitur sync
    1
  2. Pilih “No” bila anda tidak ingin NetBalancer mengkofigurasikan secara otomatis dengan “predefined configuration”
    2
  3. Klik menu “Edit” pilih “Setting”
    3
  4. Hilangkan contreng “Balance network only when”, pada “Set all system traffic” set batasan sesuai yang diinginkan. Di sini bandwidth akan di batasi secara keseluruhan dalam komputer. Sampai di sini jika anda ingin membatasi kecepatan untuk satu komputer sebenarnya sudah selesai.
    4
  5. (Opsional) Masuk ke tab “Security” dan isikan password jika anda ingin memproteksi agar orang lain tidak bisa mengubah pengaturan.
    5
  6. Jika ingin membatasi untuk setiap aplikasi misalnya IDM, maka pada proses yang¬† berjalan klik kanan pilih “Edit Priority”
    7
  7. Pada “Download Priority” dan “Upload Priority” pilih “Limited” dan set sesuai keinginan. Lalu klik OK
    8
  8. Silahkan di test dan seharusnya batasan sudah berjalan
    9

Jika kita membatasi bandwidth misalnya 100KBPS biasanya pada rate yang ditampilkan IDM akan berkisar dari 90-120. Ini karena pembatasan dilakukan secara simple(limited). Untuk pengaturan yang lebih lanjut, dapat disesuaikan dengan memilih mode “Custom”.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni Universitas Al Muslim Peusangan, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Lihat Juga

Kiwi VPN : Review & Download VPN Gratis Untuk Android

Banyak VPN gratis di Google Play Store, Kiwi VPN salah satunya. Karena banyak yang menggunakan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *