Rabu , Juli 1 2020
Ilustrasi media online

10 Tips Membangun Portal Berita Online

10 Tips atau poin-poin yang harus diperhatikan dalam membangun media online atau portal berita online ini saya dedikasikan untuk teman-teman jurnalis di Aceh khususnya, terutama rekan-rekan PPWI.

Dulu orang sibuk membaca koran, sekarang orang sibuk pegang ponsel. Di warung kopi, dulu “Serambi” diminati, sekarang wifi di cari ! Sekarang baca berita pun dari ponsel.

Bagi juragan media online atau para pemimpin redaksi, berikut beberapa tips teknis untuk membangun dan mengoptimalkan portal berita atau situs berita online.

1. Domain yang unik, brandable, dan mudah diingat

Pemilihan nama domain sangat menentukan sebuah media massa. Nama domain adalah cerminan garis depan branding perusahaan berita. Pastikan nama domain mudah diingat oleh publik, tidak terlalu panjang, dan menggunakan ekstensi yang relevan.

Kita sering melihat banyak portal berita yang baru bermunculan, menggunakan nama domain yang terlalu panjang karena memaksakan kata-kata jurnalistik, istilah-istilah berita, hingga mencoba meniru nama media yang sudah besar. Alhasil, nama domain ikut panjang, karena minimnya tersedia nama domain pendek akibat sudah banyak yang terdaftar.

Pemilihan ekstensi yang relevan juga sangat penting. Usahakan portal berita menggunakan nama domain populer seperti .com,.net,.org,.info atau .news, ekstensi baru yang lebih mencerminkan website berita.

2. CMS yang kekinian, aman, dan handal

CMS adalah singkatan dari Content Management System. CMS merupakan alat untuk mengatur dan mempublikasikan konten oleh perusahaan berita. CMS terdiri dari halaman depan dan admin website yang memiliki bagian editor konten teks, audiovisual dan data. Terdapat fitur untuk melakukan manajemen pengguna, komentar, rubrik, kategori, topik, hingga iklan.

CMS yang di gunakan haruslah yang memiliki fitur-fitur modern. Banyak portal berita membangun CMS sendiri namun ketinggalan dalam teknologinya. Keamanan bukan hanya yang perlu dipertimbangkan, namum kemudahan pengguna seperti tampilan yang responsive dan mengikuti aturan standar web. Sebagai contoh, banyak CMS yang dibangun sendiri, halaman AMP pun tidak tersedia.

Saya merekomendasikan platform WordPress sebagai CMS berita yang modern, aman, selalu diperbarui serta mudah digunakan. WordPress untuk portal berita perlu ditempa dengan baik.

3. Server yang tangguh dan cepat

Server adalah salah satu komponen utama yang sangat vital. Ini ibarat mesin cetak bagi media koran, dan bahkan bisa lebih. Jangan gunakan shared hosting unlimited untuk portal berita yang direncanakan memiliki banyak pengunjung.

Hosting unlimited cocok untuk website personal dan blog, namun untuk portal berita baiknya hindari. Hosting dengan paket unlimited menawarkan tidak ada batasan kita mengunggah file untuk kebutuhan wajar web, namun sumber daya selain file di batasi. Misal, pembatasan jumlah file yang biasa disebut inodes, pembatasan memori yang kecil, serta pembatasan proses cpu yang juga kecil. Hal ini pada dasarnya tidak salah, karena provider membuat paket ini untuk penggunaan website secara umum.

Untuk portal berita yang sangat dinamis, usahakan menggunakan hosting cloud yang alokasi sumber daya nya jelas. Meskipun kelihatan lebih kecil dari pake unlimited, namun sumber daya tersebut dapat optimal dipergunakan.

Penggunaan server virtual berbasis cloud hingga dedicated server sangat direkomendasikan.

4. Akun sosial media yang terintegrasi

Hidup harus bersosial. Media harus bersosial media. Facebook adalah salah satu pemberi trafik untuk berbagai saat ini.

Memiliki sosial media yang terintegrasi adalah kewajiban. Terintegrasi yang dimaksud adalah, portal berita mengikuti standar teknis sosial media semacam OpenGraph Meta, dan melakukan verifikasi domain ke sosial media tersebut.

5. Tim IT yang mumpuni

Wartawan, Redaktur, Pemimpin Redaksi adalah pilar-pilar media, itu dulu. Sekarang, tanpa tim teknologi informasi yang mumpuni, jangan harap portal berita dan media maju.

Tim IT bertanggung jawab penuh atas segala operasional teknis portal berita. Bertanggung jawab untuk memperbarui sistem, menjaga keamanan, mengoptimalkan situs, memasang dan mengoptimalkan iklan, dan mengembangkan aplikasi smartphone.

Posisi “dewan IT” sepatutnya disandingkan dengan pemimpin redaksi dan memiliki komunikasi langsung, dan difokuskan pada tugas-tugas IT yang diperlukan.

Tim IT juga dapat menjadi ujung tombak berita, di mana menjadi “konsultan” sang redaktur dan pemimpin redaksi dalam hal optimasi mesin pecari.

6. Optimasi SEO

Optimasi SEO, atau SEO ( search engine optimization ) adalah metode optimalisasi konten agar ditemukan dan diindeks oleh mesin pencari serta membuat ranking teratas di hasil pencarian.

SEO bisa yang blackhat maupun white hat. Blackhat berarti menggunakan cara-cara instan namun penuh resiko karena melakukan trik manipulasi sehingga ranking hasil pencarian cepat naik, sedangkan whitehat menggunakan metode yang lebih natural namun terkadang juga instan tanpa perlu melakukan manipulasi dan tidak rentan di hapus atau di tenggelamkan oleh mesin pencari.

SEO dilakukan oleh divisi IT yang berkomunikasi dengan redaksi, dan posisi staff SEO di bawah manajer IT atau CTO, disesuaikan dengan struktur perusahaan. Namun, jangan gunakan divisi IT yang beranggotakan 1-3 orang untuk semua pekerjaan, hal ini SEO dan pengembangan situs bukanlah hal yang mudah dikerjakan sendiri untuk sebuah portal berita.

8. Bergabung di Direktori berita

Google News adalah salah satu mesin pencari dan direktori berita. Bila perusahaan media memproduksi konten jurnalis yang baik, unik, serta memiliki nilai tambah, maka sebaiknya bergabung di sini.

Direktori berita memberikan trafik organik yang banyak, terutama bila konten anda sesuai dengan banyak minat pengguna. Direktori berita memiliki jaringan aplikasi yang biasanya menjadi homepage pada aplikasi-aplikasi perangkat saat ini, misal Google Chrome yang memiliki konten saran berdasar minat yang diambil dari Google News ataupun Google Publisher, atau UCNews, Line Today, dan masih banyak lagi.

9. Memiliki aplikasi smartphone

Bila memungkinkan, mulailah mengembangkan aplikasi smartphone. Aplikasi akan diinstall oleh banyak orang di ponsel mereka. Aplikasi banyak mendatangkan trafik, terutama bila memiliki fitur notifikasi. Setiap konten baru di tambah, maka pengguna akan diberi tahun. Hal ini membuat pengguna tetap akan terus mengunjungi dan membaca konten, bahkan membagikan di sosial media mereka.

10. Promosi di periklanan online

Anggarkan sedikit dana untuk periklanan online sejenis Facebook Ads, Google Ads, dan sebagainya. Jika kita di atas banyak berbicara trafik organik atau natural, maka saatnya berbicara trafik berbayar.

Trafik berbayar dari periklanan membantu mengenalkan media online atau portal berita online lebih banyak kepada pengguna baru. Ini cocok untuk meraih lebih banyak pengunjung atau bahkan investor.

Iklan-kan konten-konten tertentu yang bersifat editorial, atau iklan aplikasi, atau dapat pula iklan ke berita liputan khusus yang sedang trending dalam waktu sepekan. Cobalah dengan dana kecil, mulai 1-5 juta rupiah untuk iklan-iklan tersebut dalam seminggu, coba liat hasilnya.

Sepuluh poin di atas bukanlah hal yang banyak, terdapat masih banyak lagi berbagai poin untuk membangun dan mengembangkan portal berita online atau media online, terutama dari pengemban website, aplikasi, konten, seo, hingga sosial media.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni Universitas Al Muslim Peusangan, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Lihat Juga

Streaming Piala Eropa 2020

Nonton Streaming Piala Eropa 2020 Di Aplikasi Ini

Even sepakbola Piala Eropa akan digelar pada 12 Juni -12 Juli 2020. Indonesia adalah salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *