Jumat , November 8 2019
Home / Internet / Tips Aman Mencari Info Lowongan Kerja di Internet

Tips Aman Mencari Info Lowongan Kerja di Internet

Mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan di internet adalah hal yang wajar dan mungkin seharusnya dilakukan saat ini. Namun sudah amankah para pencari kerja mendapatkan informasi tersebut? Ini menjadi pertanyaan yang wajib kita jawab. Aman atau tidaknya sebuah informasi yang di dapat dari dunia maya bergantung kepada ketepatan si pengguna dalam memilih sumber informasi.

Berikut tips serta cara aman mencari infromasi lowongan kerja di internet :

1. Memlilih website yang resmi dan terpercaya

Website resmi sebuah perusahaan adalah sumber informasi tepat yang untuk sebuah lowongan pekerjaan. Cobalah anda membuka website perusahaan tujuan anda melamar, cobalah melihat ke navigasi situs dibagian atas atau bawah dan lihatlah menu career atau karir, biasanya disana terdapat informasi serta kontak yang bisa dihubungi untuk masalah pekerjaan. Selain itu perhatikan alamat sitsu web tersebut, biasanya perusahaan yang sudah bonafit menggunakan alamat domain dengan ekstensi .co.id yang didaftarkan secara resmi ke PANDI. Situs web dengan alamat .blogspot, .wordpress, .webs dan sebagianya janganlah anda percaya jika dalam laman tersebut dimuat informasi perusahaan termasuk informasi lowongan kerja.

2. Berhati-hatilah terhadap info dari sosial media.

Sosial media seperti Facebook kerap dimanfaatkan oleh penipu dengan berbagai modus. Keakuratan informasi dari sebuah sosial media harus selalu dipertanyakan. Setiap orang boleh bergabung disosial media, dan siapapun dapat berbagi informasi yang tidak valid mengenai lowongan kerja. Jika anda menemukan informasi lowker di Facebook atau situs sosial media lain, periksalah terlebih dahulu ke situs web resmi perusahaan yang dimaksud. Ini bukan berarti menuduh setipa orang yang berbagi info di sosial media menipu, tetapi kita perlu waspada.

3. Jangan tertipu dengan situs MLM, refferal serta skema piramid.

Hal ini bukan berlaku di internet saja, tetapi termasuk juga di dunia nyata. Multi Level Marketing(MLM), situs refferal, serta bisnis dengan skema piramid kerap merugikan pencari lowongan kerja. Anda  akan diimingi dengan pendapatan yang lumayan besar, lalu diajak bergabung dengan membayar dengan nominal tertentu, selanjutnya anda diwajibkan mengajak orang lain, serta diwajibkan menjual produk tertentu dengan harga yang tidak wajar serta penipuan. Hal ini sangat merugikan karena selain membuang waktu, kita dijadikan sales dengan cara dibodohi dan ditipu. Jadi waspadalah.

4. Alamat kontak tidak wajar.

Wajarkan sebuah perusahaan seperti PERTAMINA, PT. Telkom, PT. PLN, PT. Telekomunikasi Seluler dan perusahaan besar lainnya menggukanan alamat email gratisan seperti @gmail.com dan @yahoo.com ? Tentu saja tidak. Merka punya email perusahaan sendiri. Jika ada yang memberikan informasi seperti ini dan menyuruh anda mengirim lamaran ke emai-email gratisan tersebut, sudah pasti itu palsu.

 

Nah itulah beberapa hal yang patut kita perhatikan dalam mencari informasi lowongan kerja di internet, dan masih banyak lagi hal-hal lain yang perlu kita perhatikan. Semoga anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai minat anda, dan semoga sukses.

About Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga mahasiswa Universitas Al Muslim Peusangan.

Lihat Juga

Cara Download File Dengan Cepat via pCloud

Pengen download sebuah file besar, tapi tidak bisa di resume ? Atau bahkan filesize unkown …

One comment

  1. terimakasih sekali informasinya sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *