Categories: Internet

Inilah Alasan Mengapa Situs Nonton Film Online Tidak Bisa Dibuka

Situs nonton film online tidak bisa dibuka ? Kenapa ? Ketahui alasannya yang akan diulas berikut.

Situs nonton film secara online ada dua jenis, ada yang legal dan ilegal. Situs ilegal biasa lebih banyak diminati karena gratis dan tidak perlu membayar. Tetapi, banyak pihak yang tidak merekomendasikan menonton film di situs ilegal. Alasan utamanya adalah masalah hak cipta. Sedangkan situs legal, biasanya tetap diminati oleh banyak pengguna karena kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakannya.

Kedua jenis situs tersebut memilik beberapa masalah saat mengakses. Hal itu bisa dari perangkat yang digunakan, jaringan, dan masalah antarmuka pengguna yang rusak dalam keadaan tertentu. Kemungkinan lain adalah adanya masalah pemblokiran karena hak cipta pada situs ilegal, atau masalah batasan wilayah berdasarkan lisensi pada situs yang legal.

Penyebab Situs Nonton Film Online Tidak Bisa Dibuka

Berikut beberapa penjelasan singkat kenapa situs streaming film tidak dapat diakses dengan normal.

Diblokir oleh ISP atau Pemerintah

Situs diblokir ISP.

Situs nonton film dapat diblokir oleh ISP atau pemerintah karena terkait masalah hak cipta. Misal situs ilegal atau situs nonton film bajakan kerap diblokir domainnya karena merugikan banyak pihak. Situs ilegal ini dapat juga diblokir akibat dari iklan yang dianggap juga ilegal seperti iklan judi serta iklan pop-up yang berbahaya bagi pengguna. Akibat alasan demikian, situs atau aplikasi film tersebut dimasukkan dalam daftar penapisan.

Selain situs ilegal, situs resmi atau legal pun bisa diblokir. Contoh, situs atau aplikasi Netflix beberapa waktu silam diblokir oleh salah satu atau beberapa ISP di Indonesia akibat praktik sensor yang tidak sesuai kebijakan di Indonesia. Selain itu, kemungkinan terkait masalah kerja sama dan perihal teknis.

Diblokir oleh Penyedia Situs

Ilustrasi Netflix. Gambar oleh yousafbhutta dari Pixabay

Penyedia situs nonton film terkadang juga membatasi akses terhadap beberapa pengguna di wilayah tertentu. Misal, jika berlanggan Netflix di Indonesia, biasanya akun tersebut tidak dapat digunakan di luar Indonesia. Hal ini akibat kebijakan lisensi dari penyedia konten, situs penyedia nonton film, dan perusahaan distribusinya.

Pada situs film ilegal, blokir semacam ini jarang dilakukan. Tetapi akses ke situs tersebut juga dapat dibatasi oleh sistem keamanan situs mereka yang mencurigai alamat IP pengguna. Misal, ada sebuah alamat IP yang diblokir oleh proxy situs web nonton film karena dianggap mengirim spam dan masuk ke daftar hitam perangkat lunak keamanan website.

Diblokir oleh Admin Jaringan

Ilutrasi situs diblokir admin.

Jika menggunakan jaringan yang dikelola oleh kantor, kampus, atau sekolah, akses ke situs nonton film juga bisa dibatasi oleh admin jaringan. Tidak terkecuali legal dan ilegal, jika admin jaringan membatasi aksesnya, maka situs streaming film juga terblokir.

Koneksi Internet Lambat

Ini adalah alasan paling klasik sebenarnya, tetapi tetap saja masih terjadi di era 5G saat ini. Koneksi lambat dapat membuat situs nonton film tidak dapat diakses, atau hanya dapat membuka situsnya, namun tidak dapat memutar film atau videonya.

Diblokir oleh Pemblokir Iklan

Pemblokir iklan memang sangat bermanfaat terutama saat mengakses situs nonton film yang ilegal, untuk mengatasi iklan yang mengganggu. Tetapi terkadang pemblokir iklan juga dapat merusak pemutar video pada situs tersebut. Hal ini bisa saja disengaja oleh pemilik situs agar pengguna mematikan pemblokir iklan pada browser mereka.

Solusi Situs Nonton Film Online Tidak Bisa Dibuka

Gunakan VPN

Gunakan aplikasi VPN baik yang gratis atau yang berbayar. VPN gratis mudah didapatkan, tetapi bisa memperlambat koneksi. VPN berbayar bisa jadi solusi bila akses internet tidak cocok untuk VPN gratisan.

Gunakan DNS Aman

DNS merupakan buku kontak internet. Beberapa ISP masih menggunakan teknik pemblokiran situs lewat DNS. Dengan menggunakan DNS aman, maka situs nonton film yang diblokir dapat diakses. Hal ini tidak berlaku pada situs berbayar seperti Netflix. Jika akun dibeli di Indonesia, tetap hanya dapat digunakan di Indonesia karena DNS aman tidak mengubah alamat IP pengguna. Tetapi, hanya melewat trafik DNS melewati jalur yang aman sehingga terbebas dari penapisan.

Matikan Pemblokir Iklan

Coba matikan pemblokir iklan sementara atau kecualikan pemblokiran iklan pada situs tersebut.

Demikian artikel alasan mengapa situs nonton film online tidak bisa dibuka, semoga bermanfaat bagi pecinta streaming sambil rebahan !

Ingat untuk tetap menggunakan situs legal. Aman dan tanpa iklan walau nunggu rilisnya lama….

 

 

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.