Categories: Internet

Tips Aman Mencari Info Lowongan Kerja di Internet

Mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan di internet adalah hal yang wajar dan mungkin seharusnya dilakukan saat ini. Namun sudah amankah para pencari kerja mendapatkan informasi tersebut? Ini menjadi pertanyaan yang wajib kita jawab. Aman atau tidaknya sebuah informasi yang di dapat dari dunia maya bergantung kepada ketepatan si pengguna dalam memilih sumber informasi.

Berikut tips serta cara aman mencari infromasi lowongan kerja di internet :

1. Memlilih website yang resmi dan terpercaya

Website resmi sebuah perusahaan adalah sumber informasi tepat yang untuk sebuah lowongan pekerjaan. Cobalah anda membuka website perusahaan tujuan anda melamar, cobalah melihat ke navigasi situs dibagian atas atau bawah dan lihatlah menu career atau karir, biasanya disana terdapat informasi serta kontak yang bisa dihubungi untuk masalah pekerjaan. Selain itu perhatikan alamat sitsu web tersebut, biasanya perusahaan yang sudah bonafit menggunakan alamat domain dengan ekstensi .co.id yang didaftarkan secara resmi ke PANDI. Situs web dengan alamat .blogspot, .wordpress, .webs dan sebagianya janganlah anda percaya jika dalam laman tersebut dimuat informasi perusahaan termasuk informasi lowongan kerja.

2. Berhati-hatilah terhadap info dari sosial media.

Sosial media seperti Facebook kerap dimanfaatkan oleh penipu dengan berbagai modus. Keakuratan informasi dari sebuah sosial media harus selalu dipertanyakan. Setiap orang boleh bergabung disosial media, dan siapapun dapat berbagi informasi yang tidak valid mengenai lowongan kerja. Jika anda menemukan informasi lowker di Facebook atau situs sosial media lain, periksalah terlebih dahulu ke situs web resmi perusahaan yang dimaksud. Ini bukan berarti menuduh setipa orang yang berbagi info di sosial media menipu, tetapi kita perlu waspada.

3. Jangan tertipu dengan situs MLM, refferal serta skema piramid.

Hal ini bukan berlaku di internet saja, tetapi termasuk juga di dunia nyata. Multi Level Marketing(MLM), situs refferal, serta bisnis dengan skema piramid kerap merugikan pencari lowongan kerja. Anda  akan diimingi dengan pendapatan yang lumayan besar, lalu diajak bergabung dengan membayar dengan nominal tertentu, selanjutnya anda diwajibkan mengajak orang lain, serta diwajibkan menjual produk tertentu dengan harga yang tidak wajar serta penipuan. Hal ini sangat merugikan karena selain membuang waktu, kita dijadikan sales dengan cara dibodohi dan ditipu. Jadi waspadalah.

4. Alamat kontak tidak wajar.

Wajarkan sebuah perusahaan seperti PERTAMINA, PT. Telkom, PT. PLN, PT. Telekomunikasi Seluler dan perusahaan besar lainnya menggukanan alamat email gratisan seperti @gmail.com dan @yahoo.com ? Tentu saja tidak. Merka punya email perusahaan sendiri. Jika ada yang memberikan informasi seperti ini dan menyuruh anda mengirim lamaran ke emai-email gratisan tersebut, sudah pasti itu palsu.

 

Nah itulah beberapa hal yang patut kita perhatikan dalam mencari informasi lowongan kerja di internet, dan masih banyak lagi hal-hal lain yang perlu kita perhatikan. Semoga anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai minat anda, dan semoga sukses.

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

View Comments

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.