Categories: Internet

Cara Unduh Torrent dengan Mudah dan Cepat

Layanan berbagi berkas atau file sharing peer-to-peer yang lebih dikenal dengan istilah torrent (torrenting) popular untuk berbagi berkas yang berupa software, musik, film, permainan(game) dan berkas digital lainnya. Perlu diketahui, menggunakan torrent dan segala yang berkaitan dengannya adalah legal, namun mendistribusikan berkas yang mengandung hak cipta itu dilarang.

Untuk mengunduh berkas atau file yang dibagikan menggunakan layanan torrent, kita memerlukan aplikasi khusus yaitu torrent client. Torrent client yang popular ialah uTorrent dan BitTorrent, direkomendasikan uTorrent. Aplikasi ini gratis dan sepenuhnya dapat mengunduh torrent dengan cepat. Banyak yang malas mengunduh torrent karena beralasan lambat, perlu software khusus, dan ribet. Sebenarnya tidak. Padahal jika dibandingkan repotnya mencari IDM bajakan (kan perlu software juga :p), melewati Adf.ly, mendapati halaman 404, dan lainnya itu tidak akan lebih mudah dengan menggunakan uTorrent gratis tanpa perlu yang bajakan dan crack sana-sini, tanpa perlu lewati link shortener, serta kmudahan lain.

Nah, tidak perlu banyak cerita lagi, langsung saja saya berikan cara benar, mudah, serta cepat dalam mengunduh torrent.

Pertama, unduh torrent client uTorrent di sini. Unduh torrent versi terakhir stabil.

Lalu pasang/install.

1. Mengunduh/men-download torrent menggunakan file .torrent.

Metode ini, kita pertama mendapatkan file .torrent dari situs penyedia.

Simpan berkas .torrent tersebut

Buka berkas torrent tersebut, double-click lalu terbuka di uTorrent. Kita dapat memilih berkas apa saja yang akan di unduh pada kotak list file. Lalu klik “Oke”

Unduhan torrent akan berjalan dengan kecepatan tinggi, tunngulah sampai selesai. Jika sudah selesai semua berkas unduhan akan berada di folder Downloads atau Unduh.

 

2. Mengunduh/men-download torrent menggunakan magnet link. (Paling mudah, direkomendasikan)

Ini adalah cara paling mudah dan cepat, kita tinngal klik pada magnet link,

Lalu muncul jendela detail seperti diatas,

Klik “Oke” dan tunggulah sampai unduhan selesai.

Cara dengan menggunakan magnet link sangat mudah, tanpa perlu menyimpan file .torrent dan membukanya. Banyak situs penyedia sekarang menyediakan magnet link, bahkan hanya magnet link saja seperti TPB.

 

* Tips dan Trik :

1#Membatasi kecepatan unduh dan unggah (limit download dan upload)

Kita dapat membatasi kecepatan donwload dan upload setiap file torrent yang di unduh, klik kanan pada torrent yang aktif, lalu ke “Alokasi Lebar Pita” dan pilih kecepatan upload dan download sesuai yang diinginkan. Atau dapat juga menggunakan sistem prioritas, ada tiga opsi yaitu “Tinggi”, “Normal” dan “Rendah”.

Limit unggah
Limit unduh

Atau bisa melalui Properti, klik kanan lalu pilih properti dan isikan limit upload serta downloadnya atau salah satu sesuai kebutuhan.

 

#2Unduh dengan kecepatan tinggi dengan membuka koneksi yang banyak untuk torrent.

Semakin banyak seeder semakin cepat, namun untuk memastikan koneksi torrent kita tersambung ke semua seeder, maka kita perlu membuka banyak koneksi. Caranya masuk ke menu Opsi – Preferensi – Lebar pita, isikan jumlah koneksi seperti gambar berikut atau sesuai keinginan, yang pasti lebihn banyak lebih bagus namun memakan sumber daya yang besar juga 🙂

 

 

Setelah selesai mengunduh, jika memungkian cobalah untuk melakukan seed, agar semua pengguna lain juga dapat mengunduh dengan cepat. Seed seberapapun sanggup, walau satu menit akan sangat berarti. Karena prinsip torrent atau peer-to-peer sama halnya dengan gotong-royong.

 

Disclaimer/Sanggahan:

Mengunduh, mengunggah, menyemai, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Torrent itu sah dan legal, namun mendistribusikan file atau berkas hak cipta dilarang. Situs contoh yang digunakan atau ditunjukkan dalam potingan ini adalah untuk sample belaka, tidak bermaksud merekomendasikan konten bajakan.

 

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.