Categories: Advetorial

Zaman Semakin Canggih, Ini Alasan Anda Untuk Memiliki Sebuah Website

Hampir setiap orang saat ini memiliki sebuah ponsel pintar, terutama karena harganya yang semakin terjangkau, wifi gratis di mana-mana, dan tentu saja untuk eksis di sosial media. Siapa yang tidak mengakses internet dan tidak menggunakan sosial media saat ini maka dia akan dianggap kurang gaul, ketinggalan zaman dan sebagainya. Keadaan sosial seperti inilah yang membuat anda wajib memiliki sebuah profil di internet, mulai dari sebuah halaman profil di Facebook hingga memiliki sebuah website untuk perusahaan atau bisnis anda. Wajib !

Kenapa demikian ? Masyarakat Indonesia saat ini mengakses internet sekitar 6 jam dalam sehari dan situs yang paling banyak dikunjungi adalah Google. Hal ini menjadi potensi untuk memperkenalkan atau mengembangkan bisnis/produk/usaha anda langsung kedalam genggaman masyarakat. Saat orang mencari sesuatu di Google, di sanalah tampil bisnis anda atau di saat orang sedang asyik bersosmed ria, di situlah muncul produk anda. Tak perlu repot-repot mengerahkan sales ke perumahan atau tempat publik, semua bisa dilakukan dari sebuah website anda yang terintegrasi dengan sosial media populer dan mesin pencari.

 

Ini adalah contoh ketika seseorang mencari sebuah toko di Google, kenapa anda tidak ada di sana ?

 

Kecanggihan internet sekarang bukan hanya dari segi gadget yang mewah, atau laptop yang keren. Akan tetapi algoritma dari mesin pencari, sosial media dan website anda nantinya yang dapat membaca apa yang di sukai oleh pengguna internet sehingga hasil pencarian, profil, dan iklan yang ditampilkan sesuai dengan apa yang disukai dan diminati oleh si pengguna dan apa pekerjaannya. Sehingga bisnis anda dikenal oleh orang yang membutuhkan dan orang yang akan tertarik membeli  atau menjadi pelanggan anda. Gambar di bawah ini adalah sebuah contoh halaman profil sebuah penyedia domain yang ditampilkan oleh Facebook di Beranda saya karena pekerjaan saya adalah blogger dan web developer dan saya suka akan teknologi, bukan menampilkan yang tidak sesuai dengan saya, dan tentu saja saya membutuhkannya.

Iklan berbasis minat dari Facebook

 

Alasan kenapa anda wajib memiliki website

Selain hal yang saya sampaikan diatas, ini adalah alasan kenapa anda wajib memiliki sebuah website yang aktif, tampil di Google dan Sosial Media, dan dapat diakses dari perangkat apapun.

  1. Memperkenalkan produk atau bisnis baru anda secara profesional dan memiliki lebih banyak kebebasan untuk melakukan promosi barang, memuat katalog atau bahkan menjual (memproses orderan ) secara otomatis seperti Lazada.
  2. Akun sosial media anda tidak akan cukup untuk membuat bisnis anda terkenal di Internet karena keterbatasan pengguna, kadang sesorang memiliki Facebook namun tidak punya Instagram, tapi dengan website anda akan tampil di Google, di Sosmed Juga. Siapa sih yang gak buka Google zaman sekarang ? Bahkan banyak orang buka Facebook dari Google saat di online dari desktop, smartphone dengan Android dari Google, dan otomatis mesin pencari bawaan gadget mereka adalah Google.
  3. Tidak ada batasan dalam memuat konten audiovisual dengan website, di sosmed anda akan dibatasi dalam mempromosi apalagi menggunakan akun personal. Percayalah, sistem otomatis seperti Facebook akan memblokir akun Facebook anda jika anda terlalu banyak berjualan, bahkan pengguna lain yang mungkin saja kompetitor anda dapat melaporkan akun anda.
    Sebuah akun personal yang di pakai untuk berjualan dapat dengan mudah dilaporkan oleh siapa saja.

     

  4. Toko online adalah sebuah website, bukan akun sosmed. Sosmed tempat berpromosi, anda berjualan di website yang anda miliki baik otomatis atau sekedar katalog, bukan berjualan di sosmed, ingat promosi di sosmed, jangan jualan. Di dunia nyata, jika anda bisa memiliki toko sendiri, kenapa harus jualan di lapak ?
  5. Marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak mungkin solusi sebelum anda memiliki sebuah website, namun dengan berbagai aturan dan birokrasi, belum lagi bersaing dengan penjual yang lain maka anda siap-siap harus bersaing ketat. Bahkan seller yang populer di sana memiliki website mereka sendiri, anda tau kenapa ? Baca lagi pembahasan di atas 🙂

Itu hanyalah lima buah alasan sederhana saja, jika kita bahas mungkin postingan ini bisa menjadi sebuah artikel koran untuk dibaca. Memang, memiliki sebuah website belum menjamin seratus persen anda banyak pembeli karena apapun itu kualitas dan pelayanan juga utama. Namun, tempat berkampanye yang tepat akan membuat penjualan anda lebih banyak pula. Promosi yang mantap, akan membuat produk anda dikenal oleh siapapun. Tau kenapa mars Perindo diulang-ulang di TV, kenapa tidak kampanye nanti secara mainstream ? Karena dunia telah berubah :). Setiap orang baik sengaja atau tidak sengaja menonton TV, maka baik secara tidak sengaja juga orang akan hafal dengan lagunya :D. Begitu pun juga dengan bisnis anda, stop cuma main sosmed, ayo miliki website dan dapat pelanggan lebih banyak lagi !

Memiliki website memang bukan hal murah, namun bukan berarti tidak terjangkau. Oleh karena itu, saya dan rekan saya saat ini sedang berusaha keras agar dapat menawarkan jasa pembuatan website yang terjangkau untuk masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia umumnya dengan harga yang terjangkau namun berkualitas, aman, cepat diakses dari mana saja, dan sudah pasti tampil di Google dan Sosial Media.

Update

Kami telah meluncurkan jasa pembuatan website beserta jasa seo yang cocok untuk segala kebutuhan anda, cek sekarang juga. >>> https://acehseo.com/

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Share
Published by
Riza Mirza

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.