Categories: Sosial

Tips Kelancaran Gadget Sebagai Alat Komunikasi di Saat Hari Lebaran

Insya Allah besok kita merayakan hari raya Idul Fitri. Sebagian dari kita mudik alias pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga.

Banyak hal yang perlu kita persiapkan dalam menyambut hari raya ini, selain ibadah yang sempurna dan pastinya kue lebaran, hal yang utama juga untuk zaman ini adalah kelancaran alat komunikasi. Terutama telepon pintar. Berikut beberapa tips untuk kelancaran alat telekomunikasi anda saat lebaran.

1. Gunakan Provider yang Menjangkau Area yang Luas

Ini adalah hal yang sangat penting terutama bagi anda yang pulang ke kampung. Pastikan provider kartu seluler anda menjangkau wilayah yang anda datangi. Jangan sampai saat anda berada di kampung halaman, komunikasi anda terganggu hanya karena provider yang dipakai tidak ada sinyal. Bukannya kita tak dapat meninggalkan gadget, tetapi kelancaran alat komunikasi menjadi kendala saat anda ingin merayakan momentum bersama keluarga. Jangan sampai keluarga tidak dapat menghubungi saat ada hal-hal penting.

2. Gunakan Powerbank

Selain sinyal, pastikan anda memiliki powerbank. Untuk apa gadget canggih dan kuota penuh bila daya perangkat tidak ada. Jangan sampai momen keluarga dan kerabat tidak dapat diabadikan hanya karena smartphone habis baterai. Pastikan juga powerbank yang bagus dan tidak merusak perangkat anda.

3. Simpan Nomor Kontak pelayanan Publik

Keadaan darurat dapat terjadi di mana saja, terutama bagi pemudik. Ada baiknya menyimpan nomor kontak pelayanan publik untuk hal-hal darurat seperti nomor pelayanan kesehatan, pengamanan, dan lain sebagainya. Informasi kontak ini dapat dicari di Google dan situs resmi pelayanan publik.

4. Isi Pulsa yang Cukup

Meskipun penjual pulsa menjamur, namun ada baiknya mengisi pulsa sebelum pulang kampung dan hari raya. Ini demi kelancaran komunikasi. Anda juga dapat membeli paket internet yang cukup dan pastikan juga paket nelponnya. Karena bisa saja provider mengalami gangguan akses data saat hari H lebaran. Jadi beli paket nelpon dan data ya. Jangan hanya berharap dari WA saja.

5. Unduh Film Favorit

Kebosanan dapat datang kapan saja. Misal saat anda berada di kampung dan saat lagi tidak berkumpul dengan keluarga. Daripada bosan, mending nonton film atau serial favorit. Anda dapat menggunakan aplikasi resmi untuk film seperti Netflix, Iflix, Hooq, dan lain sebagainya. Bila anda suka yang gratisan, banyak juga situs penyedia gratis.

6. Jangan Pakai Gadget Saat Berkumpul dengan Keluarga

Ini adalah hal yang paling penting. Ingat, alat komunikasi seperti gadget atau smartphone adalah alat untuk menghubungkan kita dengan kerabat, bukan untuk memisahkan. Jangan gunakan smartphone saat berkumpul. Gunakan saja untuk berfoto. Ini adalah masalah kesopanan, karena mungkin saja orang tua di keluarga sentimen dengan pengguna gadget kekinian. Jadi jangan sampai gadget adalah pemutus hubungan ya.

Itulah beberapa tips kelancaran gadget sebagai alat komunikasi di saat hari lebaran. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Penulis mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 H, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

5 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.