Categories: Jaringan

Nawala DNS vs Google DNS

Kalau kita mencari di Google cara mempercepat koneksi internet, pasti kita bakal menemukan website atau blog yang membahas DNS Google yang dapat mempercepat koneksi internet. Namun, hal ini belum tentu benar, kenapa? Karena kecepatan internet bergantung pada besarnya lebar pita yang diberikan oleh penyedia layanan kepada kita. Namun kenapa ada yang mengatakan DNS Google bisa mempercepat koneksi internet? Mereka berteori bahwa request ke DNS Server Google lebih stabil daripada DNS server lainnya, ya maklum saja server Google ‘kan terkenal tangguh. Namun seberapa tangguhnya server Google kita juga harus memikirkan ‘jarak’ antara kita dan sang server. Logikanya, jika lokasi DNS server-nya dekat dengan kita, maka permintaan atau request akan lebih cepat dan dapat meminimalisir delay yang ada, bukankah kalau lebih singkat lebih cepat? Di sini saya pilih sample 2 DNS server ternama yang punya fungsi berbeda untuk sebagian orang, dan lokasi yang berbeda pula, yaitu Nawala DNS dan Google DNS.Namun tetap berlaku untuk DNS server lainnya.

Jika melihat dari posisi kita sekarang, Nawala sepertinya lebih cocok, karena lebih dekat dengan kita, namun bukan berarti Google DNS itu tidak baik, hanya saja kurang tepat dan tidak dianjurkan jika koneksi internet-nya mempunyai nilai average ping yang besar. Untuk membuktikan kecocokan, saya melakukan pengujian kecil, pertama saya melakukan ping ke google.com untuk menguji koneksi internet saya dan mendapatkan hasil dengan average 37 ms, yang berarti normal dan dapat diandalkan. Lalu saya melakukan ping ke IP DNS server Google, saya mendapatkan hasil dengan average 42 ms dan ini sudah cukup rasanya berhubung dia jauh dari kita. Lalu saya ping lagi ke IP DNS server Nawala, saya mendapatkan hasil dengan average 13 ms, dan ini sangat cocok untuk kita. Nah, di sini kita dapat simpulkan sendiri mana yang lebih baik, serta pengujian saya dapat di lihat pada screen capture berikut:

klik gambar untuk memperbesar

 Lokasi server(IP) berdasarkan loopkup dari whatismyip.com

Lokasi DNS Server Nawala, klik gambar untuk memperbesar
Lokasi DNS server Google, klik gambar untuk memperbesar

Oleh karena itu, saya menganjurkan memakai DNS lokal, kenapa? Karena lebih baik da lebih ‘dekat’ dengan kita. Dan di sini bukan berarti saya ingin melebih-melebihkan tentang Nawala, saya hanya ingin menguji kualitas kecocokan untuk kita, karena mungkin banyak dari anda yang kurang menyukai DNS Nawala terutama jika anda suka surfing yang ‘asik-asik’ atau punya blog/website yang terkena filter Nawala, namun itu hak anda silahkan pilih sendiri.

Bagi saya sendiri, tetap lebih merekomendasikan DNS lokal seperti Nawala, namun jika anda kurang suka dengan filter-nya, anda dapat menggunakan DNS ISP anda dimana lebih ‘dekat lagi’.

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.