Categories: Komputer

Microsoft Security Essentials, Solusi Anti-Malware Gratis untuk Windows 7

Saya rasa banyak orang yang pusing bila komputer kesayangannya teserang virus, atau secara lebih teknis kita menyebut malware. Berbagai anti-virus pun dicari, mulai dari yang gratis atau free, trial hingga anti-virus berbayar yang didapat secara bajakan. Jika menggunakan anti-virus gratis sudah pasti banyak batasan fitur yang dijanjikan serta munculnya iklan secara tiba-tiba, perlidungan tidak maksimal serta menggunakan sumber daya yang besar. Bila ingin menggunakan bayaran, selain harga yang mahal kemungkinan produk Anti-Virus jarang dibeli untuk komputer personal, kecuali komputer yang digunakan untuk perkantoran atau skala enterprise.

Rasanya kita tidak perlu repot-repot dan menghabiskan waktu dan uang untuk mencari anti virus gratisan, serial number anti-virus untuk yang berbayar namun enggan membeli, cracked file, keygen dan segala macam atau harus diganggu oleh iklan setiap kali menghidupkan komputer, melakukan update dan lain sebagainya. Microsoft Security Esesentials (MSE) adalah solusi tepat untuk kebutuhan aplikasi pengaman untuk komputer kita, untuk yang menggunakan Windows 7. Pertama gratis, ringan, serta ampuh dan aman.

Menggunakan MSE tidak akan memberatkan komputer atau OS Windows yang berjalan, serta secara mudah dapat di-update melalui WIndows update atau fitur update MSE sendiri. Tersedia pula fitur auto-update, schedule scan, quick scan, dan penganam USB.

Saya telah mempercayakan pengamanan untuk Windos yang saya pakai pada MSE, dan telah saya buktikan sendiri ampuh dan ringan, dan mudah untuk diupdate, terlebih lagi jika Windows juga di perbarui demi keamanan, fitur baru serta perbaikan bug. Selain itu, cermatlah memasang aplikasi gratis agar sistem tidak terinfeksi oleh adware, dimana adware terkadang lebih merugikan daripada virus biasa yang beredar, yaitu membuat boros bandwitdh dengan selalu menampilkan iklan, memasang plugin yang mengganggu di browser, memerlambat sistem dan mencuri informasi penting. Dengan MSE-pun Adware dapat dihalau.

Situs web | Unduh  | Unduh pembaruan secara manual

 

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

View Comments

  • Ini salah satu antivirus andalan saya dulu, lebih baik menggunakan antivirus ini daripada yang lain. Soalnya UI yang simpel dan ketika ada virus juga ndak kebanyakan tanya. :D Kalau sekrang saya makek Bitdifender. hehehe

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.