Categories: Komputer

3 Software Konversi Video Terbaik

Software pengkonversi atau converter video banyak beredar, berbagai macam jenis baik freeware, opensource serta software berbayar. Kita pasti butuh aplikasi ini ketika ingin mengubah format video yang kita unduh dari internet misalnya dengan format flv lalu akan diputar di ponsel dimana perlu diubah ke format 3gp atau mp4 yang dapat diputar. Selain itu misal ingin mengubah video atau film favorit dari file ripping BlueRay atau DVD yang berukuran besar dan diperkecil sehingga kita dapat dengan mudah memasukkan ke ponsel pintar, tablet atau perangkat lain.

Berikut saya 3 software atau aplikasi video converter terbaik menurut saya yang langsung mewakili jenis lisensinya.

Eusing Free video Converter (Freeware)

Ini adalah aplikasi gratis dan berukuran sekitar 4,1 MB dengan dukungan encoder Ffmpeg yang dapat mengkonversi berbagai video untuk file atau berkas mp4 yang sesuai dan dioptimasi untuk iPad, iPhone, PSP, Ponsel, dan lain sebagainya. Selain itu juga dapat mengkonversi video ke file audio populer seperti AC3, M4A, MP3, OGG, WAV or WMA.

Situs web : eusing.com | Unduh

Format Factory (Open Source)

Format factory adalah aplikasi lengkap dan solusi gratis untuk kebutuhan video converter dimana dapat mengkoversi berbagai file video, audi serta file gambar populer. Fitur tambahan lain ialah dapat memperbaiki file audio atau video yang rusak, memberi watermark pada video hasil koversi, memotong klip, optimasi file untuk perangkat dan masih banyak fitur lain. Aplikasi ini didukung oleh 62 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Situs web : formatfactory.com | Unduh

Xilisoft Video Converter Ultimate (Berbayar)

Aplikasi pamungkas menurut saya saat ini untuk keperluan konversi video, dengan dukungan bermacam encoder serta fitur optimasi untuk perangkat aplikasi ini cocok untuk kebutuhan konversi video yang lebih dengan fitur serta interface yang nyaman. Berbeda dengan dua aplikasi diatas, Xilisoft Video Converter Ultimate adalah aplikasi berbayar dimana kita perlu membeli agar dapat menggunakannya.

Situs web : xilisoft.com | Unduh dan beli

 

Tiga aplikasi tersebut ialah yang terbaik menurut saya, setelah mencoba dan menggunakannya. Mungkin anda juga punya masukan lebih lagi untuk software terbaik lainnya. Jika ada, beritahu saya dan semua pembaca tulisan ini melalui kotak komentar di bawah 🙂

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.