Categories: Website

Alasan Kenapa Harus Menggunakan VPS Pada Blog/Website Adsense

Punya website atau blog yang di monetasi dengan Google Adsense ? Masih pakai shared hosting ? Sebenarnya bukan masalah besar, namun alangkah baiknya dipindahkan ke VPS. Mengapa demikian ? Simak beberapa poin berikut.

  1. Masalah resource

    Masalah sumber daya hosting adalah point utama dalam hal ini, walaupun shared hosting dan VPS juga masih berada dalam shared enviroment, namun pada VPS alokasi resource lebih banyak ketimbang shared hosting. Ini sangat penting agar kecepatan loading halaman blog/website tidak melambat. Penggunaan shared hosting biasanya proses generate page oleh CMS lebih lama ketimbang VPS, karena sumber daya pada shared hosting dibagi dengan ribuan website. Jika website kita terlalu banyak menggunakan resource server dalam waktu lama, pihak hoster bisa saja men-suspend akun hosting dan website kehilangan visitor. Perbedaan shared hosting dan VPS ibarat anda menggunakan wifi di sebuah dan vps diibaratkan anda menggunakan koneksi wifi sendiri dirumah.

  2. Shared IP vs Dedicated IP

    Setiap VPS biasanya memiliki IP sendiri, jika shared hosting satu IP dipakai ribuan website. Masalah shared IP pernah diisukan akan berdampak pada SEO. Walau saya sendiri belum merasa terpengaruh oleh ini, namun rasanya ngeri juga kalau website kita yang kita monetasi dengan Adsense berada satu IP dengan situs esek-esek. 😀

  3. Plugin SEO

    Sering kali saya mendengan dari teman-teman dan membaca di internet bahwa penggunaan plugin SEO yang berat menjadi penyebab akun hosting di suspend karena melebihi batas resource dalam waktu yang lama. Ini hal wajar yang dilakukan oleh pihak hoster mengingat mereka perlu menjaga stabilitas server mereka. Jika anda menggunakan VPS, tidak masalah mau pakai plugin SEO seberat batu.

  4. SSL

    Shared hosting boleh dikonfigurasikan SSL, walaupun dengan shared IP sekalipun. Namun SSL dengan shared IP tidaklah sempurna, banyak bug dan error yang terjadi jika kita memaksakan ssl pada shared IP. Oleh karena itu, jika kita menggunakan shared hosting kita perlu membeli dedicated IP agar SSL berjalan lancar. Masalahnya, tidak semua penyedia shared hosting menjual shared IP. Namun jika menggunakan VPS, ngapain repot beli dedicated IP lagi untuk setel SSL ?

  5. Biaya

    Biaya shared hosting sekarang sama halnya dengan biaya VPS.  Silahkan lihat gambar berikut.
    Jika kita lihat perbandingannya, lebih murah harga VPS dengan resource lebih terjamin daripada shared hosting. Gambar ini membandingkan hosting plan antara VPS Ramnode dan Shared Hosting Hostgator.

Kelima hal di atas berpengaruh untuk penghasilan Adsense anda. Earning akan tidak optimal bila website anda sering terkena limit resource (point 1), susah masuk page one Google karena website satu server dengan ribuan website bersifat negatif (point 2), optimasi SEO jadi lebih rumit karena plugin yang membaru tidak bisa dipakai(point 3), mau setting ssl yang membuat website lebih terpercaya jadi lebih tidak terjamin karena shared hosting dan shared ip (point 4), dan biaya shared hosting terdakang lebih mahal daripada VPS dan hasil PO selalu terkuras untuk biaya hosting :p (point 5).

 

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

5 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.