Categories: Jaringan

WiFi Rumah Unlimited – Indihome Review

Wifi Rumah Unlimited – Kebutuhan internet untuk pekerjaan zaman old, zaman now internet bukan cuma untuk pekerjaan di kantor saja, tetapi untuk kebutuhan rumah tangga juga. Tanpa internet, ponsel anda yang katanya pintar mendadak menjadi dungu (Prof Rocky Gerung, pinjam keyword nya sebentar ya).

Kalau saya pernah melakukan review paket internet unlimited tri dua tahun yang lalu, tahun ini saya coba menulis solusi wifi rumah unlimited terjangkau untuk semua kalangan, termasuk kuli digital.

Kalau dilihat-lihat tanpa survey, PT. Telkom memiliki coverage yang luas di Indonesia. Beda dengan Biznet, MNC Play, First Media, dan sebagainya. Saya di Aceh, sudah pasti pakai Indihome, produk akses lebar pita berbasis kabel optik langsung ke rumah dari Telkom. Semenjak zaman Speedy hingga Indihome, Telkom biasanya memberikan banyak variasi pengalaman pengguna. Berbeda tiap daerah.

Saya saat ini menggunakan paket Netizen I 10 mbps dengan biaya langganan sekitar Rp. 320.000 sebulan. Ini hitungan termasuk PPN, biaya Adm, dan Add-on. Paket selengkapnya silakan menuju situs resminya : https://indihome.co.id

Paket Netizen I
Paket Netizen II

Paket Triple Play

Paket Gamer

Apakah Cocok Indihome untuk WiFi Rumah Unlimited ?

Kalau dilihat dari nama produk, sudah cocok. Dari pengalaman saya pakai, juga sudah cocok. Secara teknis, koneksi internet yang di tawarkan tidak sepenuhnya unlimited. Ada kebijakan penggunaan wajar yang diterapkan atau dikenal dengan istilah Fair Usage Policy (FUP).

Untuk keterangan FUP adalah sebagai berikut :

  1. Untuk layanan dengan kecepatan 10 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 300 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 400 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.
  2. Untuk layanan dengan kecepatan 20 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 500 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 800 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.
  3. Untuk layanan dengan kecepatan 30 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 700 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 1200 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.
  4. Untuk layanan dengan kecepatan 40 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 900 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 1600 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.
  5. Untuk layanan dengan kecepatan 50 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 1200 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 2000 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.
  6. Untuk layanan dengan kecepatan 100 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 2000 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 50% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.

Informasi FUP di atas saya ambil dari situs resminya (17/01/19), atau pada tautan berikut :

  • https://indihome.co.id/fup-10
  • https://indihome.co.id/fup-20
  • https://indihome.co.id/fup-30
  • https://indihome.co.id/fup-40
  • https://indihome.co.id/fup-50
  • https://indihome.co.id/fup-100

Selain itu, jikalau kita membutuhkan kecepatan penuh saat FUP tercapai, tersedia juga layanan tambahan yang disebut Speed-on-Demand atau Kecepatan Saat Dibutuhkan. Artinya, kita dapat membeli paket tambahan untuk menambah kecepatan.

Kesimpulannya adalah : Indihome cocok dipakai untuk kebutuhan internet rumahan anda, atau untuk kantor kecil-menengah atau small office home office (SOHO). Jika anda pakai untuk bisnis kelas elit, misal untuk hotel, rumah sakit, kantor besar dan keperluan bisnis dan perusahaan besar lainnya maka tidak akan cocok karena Indihome adalah layanan akses internet unlimited dengan fitur wifi pada ONT bawaan dengan sistem UP TO, ada FUP, dan kecepatan akses dengan perbandingan download/upload = 1/5. Artinya, bila anda berlangganan paket 1o mbps maka anda belum tentu selalu mendapatkan 10mbps ( up to) dan kecepatan upload = download / 5 = 2 mbps upload. Untuk bisnis pakailah Astinet atau Astinet Lite.

Bagaimana dengan Keandalan Wifi Unlimited Rumah versi Indihome ?

Akan ada beberapa masalah seperti lambat akses ke jalur internasional, ping besar untuk game, dan lain sebagainya pada saat-saat tertentu. Pastikan selalu memeriksa perangkat ONT/Modem Wifi, dan restart jika ada masalah. Pastikan untuk memasang aplikasi My Indihome atau segera lapor via Sosmed Support Telkom bila ada masalah. Pengalaman saya, pernah malam internet gangguan saya lapor via Twitter besok pagi teknisi langsung datang. Ini ada peningkatan dalam segi dukungan pelayanan.

 

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

5 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.