Categories: Website

Solusi Layanan Pendaftaran Domain dan Web Hosting

Review ini adalah berdasarkan pengalaman di tahun 2014 dan saya rekomedasikan untuk tahun 2015. Happy new year šŸ™‚

Ā 

Tidak terasa tahun 2014 akan segera berakhir. Semoga apa yang anda rencanakan untuk tahun ini telah dicapai dengan baik. Jikalau masih belum sepenuhnya tercapai, tentu saja semuanya perlu perbaikan di tahun mendatang.

Bagi teman-teman blogger dan webmaster semua, saya yakin tahun ini banyak yang mendapatkan segala targetnya. Baik pencapaian target earning blog yang di monetize bagi para publisher, target penjualan produk bagi pengelola toko online, serta target klien baru bagi yang membuka layanan atau jasa pembuatan website.

Semua target diatas tentu saja dapat dicapai dengan kerja keras dan memilih layanan yang kita butuhkan dengan tepat, termasuk layanan pendaftaran domain dan web hosting. Kedua hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan website, blog maupun toko online yang kita bangun.

Untuk kembali meraih target dan menjalanka rencana tahun depan, maka saya melalui postingan ini mencoba merangkum beberapa layanan domainĀ registrar dan penyedia web hosting baik perusahaan dalam maupun luar negeri. Di sini saya akan menyebutkan perusahaan, merek ataupun nama layanan yang pernah saya pakai atau teman-teman saya sendiri.

Domain registrar

Dalam negeri

IDwebhost

Layanan web hosting yang satu ini yang juga merupakan domain registrar resmi untuk domain .ID(reseller.co.id dan idwebhost.com merupakan anak usaha CV. Jogjacamp), domain kebanggan Indonesia adalah salah satu perusahaan yang direkomendasikan untuk pendaftaran nama domain. Sesuai dengan pengalaman saya,biaya pendaftaran untuk domain seperti .com tergolong murah dan aman. Kita mendapatkan fasilitas untuk memanage name server, mengubah data who is, serta mendapatkan EPP code sehingga domain yang kita daftarkan betul-betul menjadi milik kita. Selain itu, untuk pendaftaran domain .id juga sangat mudah, tinggal melengkapi syarat maka domain akan diproses dengan cepat. Pengalaman lain saya ialah, salah satu klien saya tidak dapat mengakses domain .id yang didaftarkan oleh penyedia jasa pembuatan website sebelumnya, dan dengan bantuan idwebhost saya berhasil membantu klien untuk mendapatkan domain-nya kembali. Oleh karena itu, IDwebhost menjadi rekomendasi saya.

Dracoola

Layanan pendaftaran domain dan web hosting yang saya oleh para professional dan aktif di berbagai forum, termasuk kaskus. Jika anda sering bermain di forum hosting stuff kaskus, anda akan kenal dengan pemilik dan pengelola Dracoola Multimedia. Untuk pendaftaran nama domain, layanan dari mereka juga saya rekomendasikan. Sudah beberapa kali saya gunakan layanan mereka, pendaftaran domain diproses dengan cepat bahkan walaupun malam hari. Jadi jika anda butuh domain dengan cepat, mungkin mereka bisa jadi solusi.

Luar negeri

Namecheap

Para publisher tak akan asing dengan Namecheap, salah satu registrar domain terbaik yang pernah ada. Selain murah, fitur nya juga lengkap. Pembelian domain bisa dilakukan dengan Paypal bahkan tanpa verifikasi sekalipun, selain itu juga menerima pembayaran melalui bitcoin. Untuk harga domain bahkan ada yang di bawah $4/tahun. Selain itu, jika ada promo harga domain terkadang hanya $ 0.98/tahun. Lalu jika ada event trivia lewat twitter, mereka banyak bagi-bagi hadiah baik pendaftaran domain, perpanjangan domain, hadiah beruba balance atau saldo billing, hingga hadiah berupa barang seperti smartphone. Proses pendaftaran domain sangat cepat, jika anda menggunakan pembayaran via paypal, proses order langsung aktif.

Godaddy

Jika anda punya kartu kredit atau kartu debit serta kartu payoneer, silahkan gunakan layanan ini. Jika tidak pakai namecheap saja. Untuk fitur juga seperti namecheap, kemananannya juga. Hanya Godaddy lebih ketat untuk masalah pembayaran. Paypal anda harus verifikasi untuk membeli domain, dan jika pembayaran dengan paypal dan kartu payoneer, harga promo tidak bisa didapatkan.

Web Hosting

Dalam negeri

Dracoola

Sama seperti layanan pendaftaran domain, layanan web hosting dari mereka juga sangat saya rekomendasikan. Dengan server cloudlinux dan litespeed, anda tidak perlu khawatir akun web hosting anda kena suspend karena penggunaan resource yang Ā berlebihan, dan performa website anda akan lebih cepat karena web server litespeed-nya. Untuk harga sangat terjangkau, sekalipun anda pelajar yang ingin membuat website, dengan Rp. 100.000 pertahun anda sudah memiliki akun shared hosting yang server-nya litepseed. Untuk pelayanan, juga sangat memuaskan.

Luar negeri

Hawkhost

Layanan web hosting yang saya pakai untuk meng-host blog ini. Bukan hanya saya yang menggunakan, tapi banyak teman-teman saya yang telah saya rekomendasikan juga mengatakan bahwa layanan Hawkhost sangat baik untuk skala shared hosting. Server mereka jarang down, menggunakan cloudlinux sebagai OS server serta litespeed untuk web server. Untuk pembayaran, anda dapat menggunakan paypal. Harganya sesuai dengan kualitas dan fitur. Tidak ada fasilitas cPanel yang dibatasi berlebihan. Web hsoting ini tidak menyediakan paket unlimited, dan itulah nilai lebih menurut saya. Sebuah shared web hosting performanya akan lebih baik jika tidak menawarkan paket unlimited, walaupun unlimited hosting itu bukanlah hal yang buruk bula bagi web hosting.

Nah itulah beberapa layanan yang akan mendukung kita dalam menjalankan website, blog, toko online, forum atau apapun aplikasi dokumen online. Rekomendasi ini saya berikan dengan berdasarkan pengalaman yang positif dari layanan mereka, meskipun terdapat kekurangan sekiranya dapat dimaklumi.

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.