Categories: Komputer

Mengatasi Malware pada Windows XP, Vista, 7 dan Windows 8

Komputer Windows yang terinfeksi Malware ataupun bahasa awamnya virus membuat pekerjaan kita tergangu. Selain menimbulkan masalah pada OS, mencuri data pribadi bahkan mengahpus data-data penting. Penggunaan anti-virus belum tentu mengamankan komputer dari serangan malware sehingga saya lebih memilih untuk tidak menggunakan anti-virus, selain menghabiskan sumber daya yang besar, juga masalah lisensi. Menggunakan anti-virus gratis bukanlah solusi, karena pada umumnya free anti-virus atau anti-virus gratis disisipkan iklan yang mengganggu. Menggunakan anti-virus bajakan juga solusi yang salah, dimana kita menggunakan hal ilegal pada program pengamanan sehingga sistem lebih menjadi tidak aman.

Banyak solusi anti-virus gratis, namun pada dasarnya tidak efektif. Untuk mengamankan komputer, terutama yang menggunakan OS Windows sebaiknya lakukan tips berikut :

1. Gunakan Windows terbaru, untuk saat ini disarankan Windows 7 segala versi yang telah dikeluarkan Service Pack, saya sendiri menggunakan OS Windows 7 Ultimate 64 bit SP1. Jangan gunakan OS lama seperti XP, akan sangat riskan.

2. Update Windows jika memungkinkan

3. Gunakan software yang terpercaya, jangan sembanrang menggunakan aplikasi yang tidak efektif dan merugikan. Jangan tertipu iming-iming dari iklan yang beredar di internet serta tutorial palsu. Hindari pemasangan aplikasi pihak ketiga yang berupa Adware yang biasanya disisipi pada program pemasang software yang kita butuhkan.

4. Jangan tertipu trik marketing pembuat Anti-Virus

5. Berhati-hatilah ketika berselancar dan mengunduh di internet, pastikan anda menekan tombol unduh/download yang benar 😀

Namun jika sistem telah terlanjur terkena malware, jangan pasang anti-virus. False positif  dari Anti-Virus dapat menghapus data-data anda ! Gunakanlah removal tools, dan lebih direkomendasikan dari Microsoft sendiri.

Adalah Malicious Software Removal Tool yang gratis dari Microsoft, mampu menghapus malware yang menyerang Windows anda, baik dari Windows 2000 sampai Windows 8 saat ini. Silahkan menuju ke halaman resmi program ini dan silahkan unduh programnya di sini

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.