Categories: Website

Backup Situs WordPress-mu dengan Plugin Ini

Dimanapun situs berada, mau di shared hosting, vps biasa maupun cloud, atau sekalipun di dedicated server, bakcup adalah hal yang utama. Lebih utama dibandingkan SEO. Kenapa ? Karena asal kita berurusan dengan penyimpanan data, backup adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Kehilangan data yang berupa puluhan, ratusan atau bahkan ribuan artikel itu menyakitkan, sama sakitnya saat putus cinta 😀

Mungkin fasilitas backup sudah disediakan oleh software yang menangani manajemen hosting seperti fitur Backup pada cPanel, Webuzo ataupun VestaCP, namun kadang kekurangganya adalah kita harus mengunduh secara manual file backup dan menyimpannya pada media penyimpanan offline misal harddisk, flashdisk(ngajak ribut yang nyimpan backup web di flash disk :D) ataupun DVD atau sekalian disket biar greget. Nah, dengan adanya cloud yang menjamin data kita, aman, dan mudah diakses kenapa tidak kita simpan saja backup web kita di sana ? Apalagi secara otomatis. Oleh karena itu, mari kita gunakan beberapa plugin yang terpercaya berikut ini :

  1. BackWPup

    Plugin ini pernah saya pakai, sangat mudah dan support Dropbox  dan FTP untuk versi free nya. Tapi sekarang sudah tidak saya gunakan karena menimbulkan error saat digunakan dengan cloudflare ssl. Mungkin saja sekarang sudah diperbaiki, jadi silahkan dicoba.
  2. UpdraftPlus

    Baru test pakai, working dengan mode ssl cloudflare, dan support dropbox. Tapid tidak bisa ubah folder di dropbox untuk versi yang free.
  3. Backup & Restore WPBackItUp

    Belum pernah mencoba, tapi dierkomendasikan karena salah satu plugin yang tetap dikembangkan.

Semua plugin di atas, tersedia fitur auto-backup atau sceduler sehingga semuanya dapat berjalan otomatis. Jadi tinggal set saja, lalu plugin tersebut membackup situs wordpress lalu mengunggah ke cloud storage yang sudah dipilih. Ada yang lain yang terbaik ? Silakan share di kolom komentar.

 

Riza Mirza

Riza Mirza, seorang web developer dan internet marketer dari Lhokseumawe, Aceh. Juga alumni S1 Informatika Universitas Al Muslim dan S2 Magister Teknologi Informasi Universitas Malikussaleh, anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia, dan Manajer IT pada portal berita lokal.

Recent Posts

Tanda Tangan Digital: Inovasi untuk Kemudahan Birokrasi

Penggunaan teknologi semakin meluas, termasuk dalam hal tanda tangan. Dahulu, tanda tangan dianggap sebagai identitas…

3 bulan ago

Dampak Negatif dan Bahaya Plagiarisme bagi Mahasiswa dalam Membuat Tugas

Plagiarisme, tindakan menyalin atau mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, merupakan masalah…

4 bulan ago

Smart TV: Teknologi Canggih dengan Pro dan Kontra

Dalam era digital yang terus berkembang, perangkat pintar semakin merambah kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat…

7 bulan ago

Era ‘Mobile Computing’ untuk Kemudahan Peradaban Manusia

Mobile computing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan komputer atau perangkat elektronik untuk beroperasi…

11 bulan ago

Pentingnya Teknologi VPN untuk Jurnalis

Pada zaman digital seperti saat ini, jurnalis tidak lagi harus mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang…

1 tahun ago

Teknologi DNS Pribadi: Solusi Keamanan Data Pengguna

Dalam era digital saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Hampir semua…

1 tahun ago

This website uses cookies.